Peran dan Tantangan Keluarga dalam Pendidikan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19

M Ilham Muchtar

Abstract


Pendidikan anak selama masa pandemi melanda negeri ini kehilangan sentuhan pembiasaan dan peneladanan. Kondisi ini tak pelak menjadi tantangan tersendiri bagi setiap keluarga dalam pendidikan karakter anak. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh peran keluarga dalam pendidikan karakter anak di masa Pandemi Covid-19. Juga bertujuan untuk menyoroti tantangan keluarga dalam pendidikan karakter anak di masa pandemi Covid-19. Peran keluarga sangat penting dalam pendidikan Karakter anak. Keluarga adalah tempat dimana anak-anak dibesarkan dan hal pertama-tama yang akan dilihat dan dirasakan oleh anak sebelum orang lain adalah keluarga. Maka peran keluarga tidak akan tergeser oleh banyaknya institusi-institusi dan lembaga-lembaga pendidikan formal yang ada. Tantangan keluarga dalam pendidikan karakter pada masa pandemi ini antara lain dalam aspek pemanfaatan teknologi yang belum familiar bagi kebanyakan orang tua. Di sisi lain, banyak orang tua yang salah kaprah menganggap pembelajaran daring yang sering dianggap libur. Sehingga anak-anak tidak bisa maksimal dalam belajar karena disuruh orang tua untuk bekerja membantu perekonomian keluarga.

Kata Kunci: Peran, Pendidikan, Karakter, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA:

Achmad, Wahyudi. (2021) Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19 pada Lingkungan Keluarga, https://ejournal.stitmuhbangil.ac.id /index.php/, di akses pada 15 September 2021.

AK, Djahiri. (1996). Menelusuri Dunia Efektif; Pendidikan Nilai dan Moral, Bandung, Lab. PMP IKIP.

Bohlin, Karen E., Deborah Farmer, Kevin Ryan. (2001). Building Character in School Resource Guide, San Fransisco: Jossey Bass.

Fachruddin. (2011). Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga, Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, Vol. 9, No. 1 – 2011.

Iwan, Sugeng. (2003). Pengasuhan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenada Media Group.

Lickona, Thomas. (1992). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York:Bantam Books.

Ma’arif, Saiful. (2021) Tantangan Pandemi Covid-19 dan Peran Keluarga dalam Pendidikan Agama, https://kemenag.go.id/, diakses pada 15 September 2021.

Muchtar, MI. (2017), Pendidikan Karakter; Garansi Peradaban Berkemajuan, Jurnal Tarbawi, Vol 2, No 02 (2017), DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i02.1032

Muchtar, MI. (2018). A Thematic Analysis of Al-Żanb In Qur’an. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Volume 15, No. 1 (2018), 95-123. https://doi.org/10.24239/jsi.v15i1.510.95-123

Mulyana, Rohmat. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung, Alfabeta.

Rahmat, Jalaluddin & Mukhtar Gandaatmaja. (1993). Keluarga Muslim dan Masyarakat Modern, Bandung, Remaja Rosda Karya.

Samiyarti, Setyo. (2021) Tantangan Pendidikan Islam di Era Pandemi Covid-19, https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku, diakses pada 15 September 2021.

Suyanto. (2010). Urgensi Pendidikan Karakter, dalam http://waskitamandiribk.wordpress.com/2010/06/- 02/

Syamsiah, Nur & Andri Hardiana. (2020). Problematika Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Harkat, Vol. 17 No. 1, UIN Jakarta.

Tim Penyusun, (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ulwan, Abdullah Nasih. (2007). Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta, Pustaka Imani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.