Peranan Guru Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa MTs Nuurussa’adah Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo

Hj Sumiati, Hafsiah Mariama Dhengi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui semangat belajar siswa MTs Nuurussa’adah Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo di tengah pandemic covid-19, untuk mengetahui peranan guru PAI di tengah pandemic covid-19 dalam meningkatkan semangat belajar siswa Mts Nuurussa’adah Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan semangat belajar siswa Mts Nuurussa’adah Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo di tengah pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam di masa pandemi covid-19 mempunyai tantangan sendiri dalam memahamkan siswa agar tetap menjadi penggerak dan pembina yang memiliki kemampuan untuk memberikan semangat kepada peserta didik dalam belajar, agar peserta didik kedepannya lebih semangat dan aktif dalam belajar. Guru PAI di MTs Nuurussa’adah juga dituntut untuk memiliki metode atau strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan siswa sekarang ini, dimana guru  PAI memberikan pembelajaran  dengan metode  kreatif dan inovatif yang dapat memberikan motivasi pada peserta didik agar lebih semangat dalam belajar. 

Kata Kunci: Peranan Guru PAI; Pandemi Covid; Semangat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). POLA PEMBINAAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR. PILAR, 11(1).

Azis, N., & Amiruddin, A. (2020). MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(01), 56-74.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937 .

Elli, E. (2020). KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 MANUJU KABUPATEN GOWA. PILAR, 11(1).

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi Dan Pengukurannya , Jakarta: PT Bumi Aksara 2011. Hlm 23

Harun, Yahya, Zeal And Enthusiasm Described In The Qur’an, Surabaya:Risalah Gusti,2003.

Muthahharah, S., & Al-Farisi, S. (2019). PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH DAPOKO KABUPATEN BANTAENG. PILAR, 10(2).

Salim dan Syahrum, Metode Penelitian Kualitatif, (Cet-4; Bandung: Citapustaka Media, 2012).

Tafsiar, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2013).

Wawancara:

Muhammad Fitrah. Wawancara, Ruang Kelas. 25 Mei 2021.

Nur Fahrani Amelia. Wawancara, Ruang Kelas. 25 Mei 2021

Rohana A.Ismail, S. Pd I., Wawancara, Ruang Guru Mts Nuurussa’adah. 25 Mei 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.