Problematika Guru dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammdiyah Pakue Kecamatan Pakue Tengah Kabupaten Kolaka Utara

Atika Achmad, Puput Asrianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pelaksaan pembelajaran daring, masalah yang dihadapi guru dan orang tua terhadap pembelajaran daring serta upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Proses pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah pakue menggunakan aplikasi whatsapp, class room dan camtasia. Sebagai proses pembelajaran yang dilakukan secara daring, peserta didik tidak hanya difokuskan untuk mengikuti pembelajaran saja tapi peserta didik juga diberikan tugas oleh guru kemudian peserta didik mengirimkan tugas dalam bentuk video dan gambar. Waktu pengumpulan tugas tidak langsung distor namun diberikan waktu 1-sampai 2 hari.Problematika yang dihadapi oleh guru ialah  jaringan, guru yang belum pandai dalam penggunaan Ilmu Teknologi dan murid yang kadang tidak masuk dalam proses pembelajaran bahkan ada juga guru yang hendphonnya error karena kapasitas memory tidak mendukung.Sedangkan masalah yang dihadapi orang tua yakni masalah ekonomi, pembagian kuota yang tidak merata sehingga menaggung pembelian kuota  anak dan kurangnya ilmu pengetahuan terutama dalam penggunaan telnologi sehingga sulit dalam membimbing anak dalam proses pembelajaran daring.Upaya yang dilakuka oleh guru ialah Guru mengupayakan dengan cara memotivasi, memberikan tugas dan memfasilitasi dengan jaringan internet. Sedangkan orang tua mengupayakan memberikan motivasi, fasilitasi anak dengan handphone dan kuota, mengatasi kesulitan belajar anak serta mengawai anak saat belajar dring. Upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua merupakan hal yang mulia agar tercetaknya generasi kedepan yang cerdas dengan intelektual, emosional dan spritualnya.

Kata Kunci: Problematika Guru dan Orang Tua; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Azis, N., & Amiruddin, A. (2020). MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(01), 56-74.

Moelong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).

Muthahharah, S., & Al-Farisi, S. (2019). PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH DAPOKO KABUPATEN BANTAENG. PILAR, 10(2).

Nashir, A., & Salenda, S. (2020). KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI HASIL BELAJAR. PILAR, 11(1).

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.

Saenab, S., Muslimin, A. A., & Abdullah, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. PILAR, 10(2).

Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, (Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2011).

Sugiarto, Eko, Skripsi dan Tesis, (Yogyakarta: Suaka Media, 2015).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016).

Tim Islamonline, Seni Belajar Strategi Menggapai Kesuksesan Anak, Jakarta, Pustaka Al-Kautsar, 2006.

Wawancara:

Besse (Orang tua peserta didik Muh.Ikhsan), Wawancara di rumah desa lanipa, 25 Mei 2021.

Fitriani Hamkah S.Pd (Guru Mata Pelajaran Seni Budaya) Wawancara di rumah guru desa majapahit, 24 Mei 2021.

Hikma (kelas XI), Wawancara di rumah peserta didik desa lanipa, 25 Mei 2021.

Jumriah (Orang tua peserta didik Muh.Syukur), Wawancara di rumah desa majapahit, 25 Mei 2021.

Jelma S.Pd (Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggiris) Wawancara di SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021.

Kamaruddin SP.,MM ( Kepala Sekolah) Wawancara di SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021.

Syamsiah Amir S.Pd (Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ) Wawancara di SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021

Mutawakkil S.Pd (Guru Mata Pelajaran Matematika) Wawancara di SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021.

Nurhasti S.Pd (Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan ) Wawancara di SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021.

Radiatunnisa S.Pd (Guru Mata Pelajaran Kimia) Wawancara di sekolah SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021.

Rosidana ( Orang tua peserta didik Muh.Andi), Wawancara di rumah desa majapahit, 25 Mei 2021.

Basman S.P (Guru Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan) Wawancara di SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021.

Siyang S.Pd (Guru Mata Pelajaran Biologi) Wawancara di SMA Muhammadiyah Pakue, 24 Mei 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.