Efektivitas Metode Muroja’ah Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba

Abdul Fattah, Suci Rahmadani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pelaksanaan metode muroja’ah dalam menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, efektivitas metode muroja’ah dalam menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode muroja’ah dalam menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Hasil penelitian dapat di rangkum sebagai berikut: 1) Pelaksanaaan proses menghafal Al-Qur’an dengan metode muroja’ah di Pondok Pesantren Khadimul Ummah Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukmba yaitu menggunakan sistem One Day One Sheet (Satu hari satu halaman).Wujud dari kegiatan menghafal Al- Qur’an dengan metode muroja’ah di Pondok Pesantren Khadimul Ummah, antara lain: a. Muroja’ah hafalan baru kepada pembimbing Tahfiz (Ustadzah); b. Muroja’ah hafalan lama kepada teman dengan berhadapan dua orang dua oarang atau berpasang-pasangan; c. Muroja’ah hafalan lama kepada ustadzah; d. Muroja’ah hafalan dalam waktu Sholat; e. Mengulang hafalan dengan alat bantu (Speaker Murottal); g. Ujian akhir mengulang hafalan (khatam sugro dan khatam kubro). 2) Metode muroja’ah di Pondok Pesantren Khadimul Ummah dinilai efektif karena dilihat dari hasil hafalan para santri bagus. Hal tersebut dilihat dari hasil tes sima’an dan hasil tes hafalan terbimbing dari ustadzah. 3) Faktor pendukung metode muroja’ah dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Khadimul Ummah yaitu: adanya motivasi dari orang tua, kegiatan muroja’ah secara terbimbing, apresiaisi yang diberikan kepada santri yang berprestasi.

Kata Kunci: Metode Muroja’ah; Menghafal Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Al-Hafidz, Mahbub Junaidi, Menghafal Al-Qur’an itu Mudah, (Lamongan:CV Angkasa, 2006).

Athira (santri) wawancara di Pondok Pesantren Pesantren Khadimul Ummah, 09 Juni 2021.

Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. PILAR, 11(1).

Elli, E. (2020). KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 MANUJU KABUPATEN GOWA. PILAR, 11(1).

Hardayani, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, ( Cet- 1; Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020).

Malli, R., Firda, F., & Amrullah, W. (2019). STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA ASRAMA DAN NON ASRAMA DI SMP UNISMUH MAKASSAR. PILAR, 10(2).

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).

Munjahid, Strategi Menghafal 10 Bulan Khatam : Kiat-Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’an, (Cet. 1; Yogyakarta: Idea Press, 2007).

Naila (santri) wawancara di Pondok Pesantren Pesantren Khadimul Ummah, 09 Juni 2021.

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.

Siti Fatimah (santri) wawancara di Pondok Pesantren Pesantren Khadimul Ummah, 09 Juni 2020.

Sugiharto, M., & Abdullah, A. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA. PILAR, 10(2).

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta. 2017).

Wawancara:

Ustadzah Fatimah (pembimbing Tahfiz) wawancara di Pondok Pesantren Pesantren Khadimul Ummah, 09 Juni 2021.

Ustadzah Faidzah (pembimbing Tahfiz) wawancara di Pondok Pesantren Pesantren Khadimul Ummah, 09 Juni 2021.

Ustadzah Luthfia (pembimbing Tahfiz) wawancara di Pondok Pesantren Pesantren Khadimul Ummah, 03 Juni 2021.

Ustadzah Nur Alam S.T (Pembina Pondok) Wawancara di Pondok Pesantren Pesantren Khadimul Ummah, 09 Juni 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.