Strategi Orang Tua Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Spiritual Anak Usia Dini Dalam Keluarga di Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Mawardi Pewangi, Yuni Yuni

Abstract


Anak-anak usia dini pada umumnya suka dengan dunia permainan, dimasa anak usia dini mereka akan lebih aktif, lincah dan energik sebab ini adalah fitrah yang ada pada anak. Strategi yang dilakukan oleh orang tua dalam meningkatkan nilai-nilai spiritual anaknya ialah yang pertama fokus pada memahami sifat dan karakter anak sehingga penanaman kecerdasan spiritual dapat melekat pada dirinya, kemudian strategi selanjutnya ialah hal pertama yang harus dimiliki orang tua dalam mendidik anak ialah kesabaran. Untuk bisa meningkatkan nilai-nilai spiritual anak maka perlu memahami sifat dan karakter yang dimiliki oleh anak, penting untuk mengetahui kemauan anak. Contohnya ketika anak-anak suka menonton, maka sebagai orang tua kita bisa mengarahkan ke tontonan yang mendidik. Faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan nilai-nilai spiritual anak adalah kurangnya waktu kebersamaan dengan anak, penggunaan Handphone yang berlebihan serta faktor dari lingkungan di luar rumah.

Kata Kunci: Strategi Orang Tua, Nilai-Nilai Spiritual, Anak Usia

Full Text:

PDF

References


Agung Anak Agung Putu, 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Malang. Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Akademi orang tua indonesia surakarta (AORTA). 2018. Buku Pintar Orang Tua. Solo. Tiga Serangkai Indonesi

Arif, A., Fattah, A., & Amrullah, W. (2020). PEMBINAAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA DDI PATTOJO KABUPATEN SOPPENG. PILAR, 11(1).

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). POLA PEMBINAAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR. PILAR, 11(1).

Dani, F., & Mawardi, A. (2019). POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS. MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA DESA SENGKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. PILAR, 10(2).

Erisman Afri, Azhar Andi, 2015. manajemen strategi. Yogyakarta. Deepublish

Fatkurrochman Muhammad. 2017. “Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak (Telaah Pendapat Surah Luqman Ayat 13)”, Skripsi : IAIN Salatiga.

Haslinda, 2012. “Peranan orang tua dalam membina kecerdasan spiritual Remaja dalam keluarga di desa Buakkang kab.Gowa”, Skripsi: Fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas islam negeri alauddin Makassar.

Masnan, S. (2020). Penanaman Akhlak Mulia Peserta Didik Melalui Metode Bercerita Di Sekolah Dasar Negeri Mannuruki. PILAR, 11(1).

Rustanto Bambang , 2015. Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Ulfa Fitrah, 2019. Cara Cerdas Mengatasi Krisis Spiritual Anak. Semarang. Alprin.

Wahab Abd dan Umiarso, 2014. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Link

Orang Tua. Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Orang_tua (25 Maret 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.