Penerapan Metode Kisah Islami Dalam Menanamkan Nilai Akhlak Pada Anak Didik di SDN 352 Tobemba Kabupaten Luwu

Mawardi Pewangi, Nafsiyah Nafsiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode kisah islami dalam menanamkan nilai akhlak pada anak didik di SDN 352 Tobemba Kab. Luwu, dampak metode kisah islami dalam menanamkan nilai akhlak pada anak didik di SDN 352 Tobemba Kab. Luwu, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode kisah islami dalam menanamkan nilai akhlak pada anak didik di SDN 352 Tobemba Kab. Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode kisah islami dalam menanamkan nilai akhlak pada anak didik di SDN 352 Tobemba Kab. Luwu, dengan penerapan metode kisah islami dapat mengajarkan serta membiasakan peserta didik untuk meneladani dan meniru segala perbuatan terpuji yang dimiliki oleh tokoh-tokoh islam terutama Nabi Muhammad SAW yang menjadi panutan. Dengan begitu peserta didik akan terbiasa dengan berakhlakul karimah hingga dewasa. (2) Dampak metode kisah islami dalam menanamkan nilai akhlak pada anak didik di SDN 352 Tobemba Kab. Luwu, dampak keberhasilan seorang guru dalam menanamkan nilai akhlak pada anak didik tidak terlepas dari pengajaran akhlak yang sangat berkaitan dengan metode atau strategi yang dipakai guru dalam mengajar dikelasnya sesuai dengan materi yang disajikan. Adapun dampak dari metode kisah islami yaitu memberikan berbagai manfaat bagi anak didik yaitu sebagai media penyampai pesan, melatih emosi anak, dan membentuk kepribadian anak. (3) faktor pendukung dan penghambat metode kisah islami dalam menanamkan nilai akhlak pada anak didik di SDN 352 Tobemba Kab. Luwu, faktor pendukung yaitu adanya kebiasaan atau tradisi, lingkungan sekolah yang mendukung dan dukungan serta motivasi dari orangtua, adapun faktor penghambat yaitu latar belakang peserta didik yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan), kurangnya sarana dan prasarana dan pengaruh tayangan televisi.

Kata Kunci: Metode Kisah; Menanamkan Nilai Akhlak

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, ( Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Arif, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Aziz, Abdul dan Majid, Abdul, Mendidik Dengan Cerita, (Cet 1, Bandung: PT. Remaja Raosda Karya, 2002).

Imam Ahmad bin Hambal, Juz II, (Beirut: Dara Al-Fikr, 1991).

Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Islam FaktaTeoritis: Filosofis dan Aplikatif Normatif, (Jakarta: Amzah, 2013).

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).

Nasution, S., Metode Research, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2009).

Syahidin, Metode Pendidikan Qur’ani Teori dan Aplikasi, (Jakarta: CV. Miska Galiza, 1999).

Masnan, S. (2020). Penanaman Akhlak Mulia Peserta Didik Melalui Metode Bercerita Di Sekolah Dasar Negeri Mannuruki. PILAR, 11(1).

Arif, A., Fattah, A., & Amrullah, W. (2020). PEMBINAAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA DDI PATTOJO KABUPATEN SOPPENG. PILAR, 11(1).

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). POLA PEMBINAAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR. PILAR, 11(1).

Dani, F., & Mawardi, A. (2019). POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS. MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA DESA SENGKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. PILAR, 10(2).

Jaya, I. S., & Malli, R. (2019). PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. PILAR, 10(2).

Muthahharah, S., & Al-Farisi, S. (2019). PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH DAPOKO KABUPATEN BANTAENG. PILAR, 10(2).

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.

Wawancara

Nureni S.Pd, Wawancara Penulis, Selasa 26 Mei 2021.

Tenri Diana S.Pd.I, Wawancara Penulis, Rabu 27 mei 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.