Peran Guru Dan Pembina Pondok Pesantren Nurul Yaqin Dalam Menanamkan Nilai Keislaman Santri Di Madrasah Aliyah No 1 Atapange Kabupaten Wajo

Hj Maryam, Usman Usman

Abstract


Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui peran guru dan pembina dalam menanamkan nilai keislaman santri di Madrasah Aliyah No. 1 Atapange Kab Wajo, untuk mengetahui faktor penghamabat dan pendukung guru dan pembina dalam menanamkan nilai keislaman santri di Madrasah Aliyah No. 1 Atapange Kab Wajo, dan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dan pembina dalam menanamkan nilai keilaman santri di Madrasah Aliyah No. 1 Atapange Kab Wajo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian yaitu: 1) Peran guru dan pembina dalam menanamkan nilai keislaman santri. Peran guru memberikan contoh yang baik atau akhlak yang mulia, serta senantiasa memberikan motivasi, dan bekerja sama dengan orang tua santri. Peran pembina yakni santri yang tinggal di asrama mendapatkan pembelajaran tambahan dan berbagai kegiatan-kegiatan keislaman, serta keberadaan pembina sebagai orang tua ke dua dalam menanamkan nilai keislaman santri. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru dan pembina dalam menanamkan nilai keislaman santri di Madrasah Aliyah No. 1 Atapange Kab Wajo Faktor pendukung yaitu dengan adanya ilmu tekhnologi, dorongan dari dewan guru dan fasilitas madrasah. santri untuk senantiasa menanamkan nilai keislaman, faktor penghambat guru adalah pengaruh negative dari luar lingkungan sekolah yakni faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor masyarakat. faktor pendukung pembina adalah Faktor internal dan faktor eksternal. Faktor penghambat pembina yaitu kurangnya kerja sama antar orang tua santri dengan pembina, kurangnya semangat bekerja dan motivasi belajar. 3) Upaya guru dalam menanamkan nilai keislaman santri yaitu pembiasaan, metode ceramah, pemberian motivasi, sedangkan upaya pembina dalam menanamkan nilai keislaman santri yaitu menanamkan nilai keislaman melalui keteladanan, memberikan motivasi, bekerja sama dengan masyarakat.

Kata Kunci: Guru; Pembina; Menanamkan Nilai Keislaman

Full Text:

PDF

References


Ambo Lipu, S.Pd. selaku Guru Akidah Akhlak Madrasah Aliyah No. 1 Atapange (wawancara 05 Agustus 2021)

Arif, A., Fattah, A., & Amrullah, W. (2020). PEMBINAAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA DDI PATTOJO KABUPATEN SOPPENG. PILAR, 11(1).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Pendekatan dan Praktis. (Jakarta: Bina Aksara 2007).

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). POLA PEMBINAAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR. PILAR, 11(1).

Dapartemen Agama RI Alquran dan Terjemahnya.

Elli, E. (2020). KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 MANUJU KABUPATEN GOWA. PILAR, 11(1).

M. Saudi, S.Fil.I. selaku Pembina Madrasah Aliyah No. 1 Atapange (wawancara 07 Agustus 2021).

Muthahharah, S., & Al-Farisi, S. (2019). PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH DAPOKO KABUPATEN BANTAENG. PILAR, 10(2).

Nurhaeni, D. S., & AR, A. M. F. (2019). PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGATASI PROBLEM SISWA DI SMP NEGERI 1 SINJAI. PILAR, 10(2).

Ompo Ali, S,Ag, selaku Guru pengembangan diri dan ke As’adiyaan Madrasah Aliyah No. 1 Atapange (wawancara pada tanggal 02 Agustus 2021).

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.

Razaq, A. R. (2014). Interaksi pembelajaran efektif untuk berprestasi. Jurnal Pilar, 2(2), 122-136.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta. 2017).

Suyanto dan Jihad, Asep, Menjadi guru professional strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global, (Jakarta: Erlangga Group, 2013). How to Build a Billion Dollar App: Temukan Rahasia dari para Pengusaha aplikasi paling sukses di dunia Tangerang:Gemilang.

Yakub, Y. (2020). PENDIDIKAN INFORMAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(01), 92-103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.