Peran Remaja Masjid Raodatul Jannah di Tpa An-Nur Kelurahan Talaka Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan Peran remaja masjid raodatuljannah di TPA An-nur kelurahan talaka Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep adalah memancing emosional untuk beribadah dan dalam pengelolaan mesjid dalam hal manajemen, remaja mesjid ini bisa mengatur pola-pola mengenai programnya, Hal ini terlihat dari upaya-upaya dan pembinaan-pembinaan juga pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh remaja mesjid. Serta adapun faktor pendukung Remaja Masjid dalam membina kegiatan keagamaan santri di TPA An-Nur adalah adanya sarana dan prasarana yang baik, secara material atau tempat sudah memadai (Mesjid dan tempat belajar). Sedangkan faktor penghambatnya adalahmasih adanya beberapa kesadaran santri yang minim dan kurang akan pelaksanaan kegiatan keagamaan apalagi pembinaan orang tua, selain itu faktor penghambat yang kedua adalah kurangnya SDM yang berkompeten di bidangnya dalam menjalankan kegiatan keagamaan.
Kata Kunci: Manajemen Masjid; Remaja Masjid; TPAFull Text:
PDFReferences
Abdul Rahmat dan M. Arief Effendi, Seni Memakmurkan Masjid, Gorontalo: Ideas Publising, 2013
Abdullah, A. (2019). Sistem Evaluasi dalam Pendidikan Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 148-161.
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruz Media, 2011
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, BKPRMI
Burhan Bungin,Metodologi Penelitian Sosial Surabaya: Airlangga Universitas Press, 2001
Burhan Bungin,Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007
Dani, F., & Mawardi, A. (2019). POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS. MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA DESA SENGKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. PILAR, 10(2).
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI. Buku Panduan Penyusunan Nomor Statistik Lembaga Pendidikan Islam Jakarta : 2008
Jaya, I. S., & Malli, R. (2019). PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. PILAR, 10(2).
Kantor Wilayah Depertemen Agama Prov. Jawa Timur, Pedoman Pengelolaan Taman Pengajian Al-Qur’an, Surabaya: 2006
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2007
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT Madina Raihan Makmur, 2010
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2002
Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.
Siswanto, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005
Slthon, M dan Khusnurridlo, M, Manajemen Pesantren Dalam Perspektif Global, laksbang peress, Yogyakarta , 2012
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017
Umar Jaeni, Panduan Remaja Masjid Surabaya: CV. Alfa Surya Grafika, 2003
Winarno Surakhmad, 1994, Pengantar Penelitian Ilmuah, Bandung: Tarsito.
Yakub, Y. (2020). PENDIDIKAN INFORMAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(01), 92-103.
Refbacks
- There are currently no refbacks.