Peran Remaja Masjid Raodatul Jannah di Tpa An-Nur Kelurahan Talaka Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep

Ahmad Nashir, Rahmah Rahmah, Abd. Azis Ridha

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan Peran remaja masjid raodatuljannah di TPA An-nur kelurahan talaka Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep adalah memancing emosional untuk beribadah dan dalam pengelolaan mesjid dalam hal manajemen, remaja mesjid ini bisa mengatur pola-pola mengenai programnya, Hal ini terlihat dari upaya-upaya dan pembinaan-pembinaan juga pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh remaja mesjid. Serta adapun faktor pendukung Remaja Masjid dalam membina kegiatan keagamaan santri di TPA An-Nur adalah adanya sarana dan prasarana yang baik, secara material atau tempat sudah memadai (Mesjid dan tempat belajar). Sedangkan faktor penghambatnya adalahmasih adanya beberapa kesadaran santri yang minim dan kurang akan pelaksanaan kegiatan keagamaan apalagi pembinaan orang tua, selain itu faktor penghambat yang kedua adalah kurangnya SDM yang berkompeten di bidangnya dalam menjalankan kegiatan keagamaan.

Kata Kunci: Manajemen Masjid; Remaja Masjid; TPA

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahmat dan M. Arief Effendi, Seni Memakmurkan Masjid, Gorontalo: Ideas Publising, 2013

Abdullah, A. (2019). Sistem Evaluasi dalam Pendidikan Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 148-161.

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruz Media, 2011

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, BKPRMI

Burhan Bungin,Metodologi Penelitian Sosial Surabaya: Airlangga Universitas Press, 2001

Burhan Bungin,Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007

Dani, F., & Mawardi, A. (2019). POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS. MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA DESA SENGKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. PILAR, 10(2).

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI. Buku Panduan Penyusunan Nomor Statistik Lembaga Pendidikan Islam Jakarta : 2008

Jaya, I. S., & Malli, R. (2019). PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. PILAR, 10(2).

Kantor Wilayah Depertemen Agama Prov. Jawa Timur, Pedoman Pengelolaan Taman Pengajian Al-Qur’an, Surabaya: 2006

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2007

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT Madina Raihan Makmur, 2010

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2002

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.

Siswanto, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005

Slthon, M dan Khusnurridlo, M, Manajemen Pesantren Dalam Perspektif Global, laksbang peress, Yogyakarta , 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017

Umar Jaeni, Panduan Remaja Masjid Surabaya: CV. Alfa Surya Grafika, 2003

Winarno Surakhmad, 1994, Pengantar Penelitian Ilmuah, Bandung: Tarsito.

Yakub, Y. (2020). PENDIDIKAN INFORMAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(01), 92-103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.