PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU DISIPLIN SISWA DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH DAPOKO KABUPATEN BANTAENG

St Muthahharah, Salman Al-Farisi, Hj Sumiati Sumiati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui Keteladanan Guru di Madrasah Aliyah As’Adiyah Dapoko Kabupaten Bantaeng, untuk mengetahui Perilaku disiplin siswa di Madrasah Aliyah As’Adiyah Dapoko Kabupaten Bantaeng, untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku disiplin siswa di Madrasah Aliyah As’Adiyah Dapoko Kabupaten Bantaeng .

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan guru Madrasah Aliyah As’Adiyah Dapoko Kabupaten Bantaeng, sedangkan pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara random sampling. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan uji t.

Hasil penelitian ini diperoleh dengan thitung 1,701. Pada derajat bebas (df) = n – 2 = 30 – 2 = 28, maka ditemukan ttabel sebesar 0,147. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung > ttabel (1,701> 0,147). Hal tersebut berarti hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku disiplin siswa. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat dibuat kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Keteladanan guru terhadap perilaku disiplin siswa di Madrasah Aliyah As’adiyah Dapoko Kabupaten Bantaeng.

 

Kata Kunci : Keteladanan Guru, Perilaku Disiplin Siswa


References


DAFTAR PUSTAKA

Arif,Armai.2002, Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam.Jakarta:cipupat press

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rinika Cipta.

Mulyasa, Standar kompetensi dan Sertifikat guru,Bandung : Rosda; 2007,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.