URGENSI PEMBERIAN GANJARAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA DI MA AISYIYAH SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Nur Rafiani Bahar, Mawardi Pewangi

Abstract


Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui urgensi pemberian ganjaran pada siswa, Hambatan dan peluang pemberian ganjaran, dampak pemberian ganjarang dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di MA Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun penelitian ini memakai sumber data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam tekhnik. Pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan an alisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bentuk pemberian ganjaran pada siswa MA Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa: siswa diberi hadiah dan hukuman sesuai dengan perilaku yang dilakukan, siswa yang berprestasi diberikan ganjaran berupa pemberian hadiah berbentuk barang. Pemberian skor 100 sebagai alat control bagi siswa yang melakukan pelanggaran apabila melakukan pelanggaran maka skornya akan dikurangi sesuai jenis pelanggarannya. hambatan dan peluang pemberian ganjaran oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa faktor-faktor pendukung adanya konsep pemberian hukuman dan pujian serta pemberian skor yang diatur secara apik dalam tata tertib sekolah dan mendapat persetujuan siswa bersama orang tuanya merupakan faktor pendukung yang nyata. Sedangkan hal-hal yang menghambat, di antaranya, kurangya kewibawaan guru, faktor perbedaan siswa, kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi.

Kata Kunci: Pemberian Ganjaran; Motivasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Fadjar, Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo, 2005).

Fikri, M., & Ferdinan, F. (2017). Peranan Manajemen Boarding school Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 43-52.

Ishak, R. W., & Razaq, A. R. (2018). PENGARUH METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMP UNISMUH MAKASSAR. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 62-74.

Muchtar, M. I. (2017). Pendidikan Karakter; Garansi Peradaban Berkemajuan. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 130-138.

Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoretis Dan Praktis (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Rusydi, R., & Alamsyah, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga terhadap Sikap Beragama Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 148-157.

Sireger, Imran dkk. Kepemimpinan Madrasah(Cet. IV;Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2005).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B, (Bandung : Alfabeta, 2014).

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia,Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Cet. VII;Jakarta: Balai Pustaka, 1977).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang “Sistem Pendidikan Nasional”(Jakarta: Sinar Grafika, 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.