EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA MTSN BONTOTANGA KABUPATEN BULUKUMBA

Abd Azis Muslimin, Asti Sucianti Sam

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Di MTs N Bontotanga Kabupaten Bulukumba” dengan pokok permasalahan yaitu efektitas metode mengajar Discovery Learning untuk mengetahui efektivitas belajar siswa, penerapan metode mengajar Discovery Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan hambatan dan penanggulangannya dalam meningkatkan prestasi belajar Pai di MTs N Bontotanga Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Kode Etik Guru dan efektifitas penggunaan, penerapan dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam menerapkan Kode Etik Guru pada waktu Mengajar di MTs N Bontotanga Kabupaten Bulukumba. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis melakukan pengumpulan data melalui penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian populasi atau sensus. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan instrumen penelitian yaitu pedoaman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi, Kemudian data yang diperoleh dari lapangan, dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif.

Kata Kunci: pembelajaran Aqidah akhlak; discovery learning

Full Text:

PDF

References


.

DAFTAR PUSTAKA

A.D. Royakkers, 1990. Mengajar Dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran, Jakarta: Gramedia

Abdurrahman, 1993. Pengelolaan Pengajaran, Ujung Pandang : Bintang Selatan Ahmadi, Abu.1978. Didaktik Metodik, Semarang : Toha Putra

Al-Qur’an dan Terjemah , 2000. Semarang : CV Asy-Syifa,a

Arifin, M. 2015. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Cet III

Bawa, D. L., & Mawardi, A. (2019). PERANAN AGAMA DAN NILAI-NILAI SOSIAL (SINERGITAS PENDIDIKAN AGAMA DAN DAKWAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT). JURNAL AL-NASHIHAH, 3(01), 01-11.

Budininsih, Asri. 2008.Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Agama RI, 1985/1986. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Djamarah, Syaful Bahri.2004. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Hasibuan, J.J., dkk., 1988. Proses Melajar Mengajar, Bandung : Remaja Karya Hosnan, 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Cet I. Bogor : Ghalia Indonesia.

Indrakusuma, Amir Daien, 1992. Rmu Pendidikan ,Suatu Tinjauan Teoritis Praktis, Surabaya: Usaha NasionaI

Is, S. S. (2017). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjama’ah. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 33-42.

Lipandie, Lihat Imamsjah. 1986. Didaktik Pendidikan Umum, Surabaya: Usaha Nasional

Mansyur, dkk.1981. Metodologi Pendidikan Agama, Jakarta: Forum

Mawardi, A. (2016). Studi pemikiran pendidikan KH. Ahmad dahlan. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94-102.

N.K, Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi, Makassar: UM Press, Cet I.

Poerwadarminta ,W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balaipustaka, Cet IIIR,

Sardiman, A.M.2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryosubroto, B.1996. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta Uhbiyati, Nur.1998. Ilmu Pendidikan Islam , Bandung: Pustaka Setia, Cet II Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003

Zuhairini, 1980. Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.