PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGATASI PROBLEM SISWA DI SMP NEGERI 1 SINJAI

Hj Nurhaeni DS, A. Muh. Fahrul AR

Abstract


Penerapan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Mengatasi Problem Siswa di SMP Negeri 1 Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Bimbingan dan Konseling Islami, Problem Siswa, dan Penerapan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Mengatasi Problem Siswa di SMP Negeri 1 Sinjai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlokasi di SMP Negeri 1 Sinjai dan yang menjadi objek penelitian adalah guru BK, kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru PAI, dan siswa yang memiliki problem disetiap tingkatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan catatan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakanmetode induktif, metode deduktif, dan metode komparatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa Penerapan Bimbingan dan Konseling Islami dalam Mengatasi Problem Siswa di SMP Negeri 1 Sinjai sebagai berikut: bimbingan dan konseling Islami di SMP Negeri 1 Sinjai dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa yang memiliki problem dilakukan berdasarkan syariat Islam dan terjalin koordinasi antara guru BK dan guru lainnya dan kepala sekolah. Problem siswa yang terjadi kebanyakan masih dalam kategori ringan dan umumnya adalah pelanggaran tata tertib sekolah seperti bolos, berkelahi, penganiayaan, merokok, dan lompat pagar serta beberapa problem belajar dimana akan diberikan sanksi berdasarkan jenis problem-nya dan paling berat adalah dikeluarkan dari sekolah. Bimbingan dan konseling Islami dapat membantu mengatasi problem siswa karena setelah diberikan bimbingan dan konseling Islami, presentasi siswa untuk mengulangi problem tersebut sangatlah kecil namun kadang-kadang masih ada yang mengulanginya meskipun hanya beberapa siswa, maka mereka akan berakhir ke ruang kepala sekolah dan disana akan diberikan bimbingan langsung juga diberikan sanksi. Beberapa siswa selama proses konseling diarahkan berwudhu dan melaksanakan shalat sunnah di mushalla, serta diberikan buku bacaan syar’i.

Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Islami; Problem Siswa

Full Text:

PDF

References


Adz-Dzaky, Hamdani Bakron, 2001, Psikologi & Konseling Islami, Penerapan Metode Sufistik, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru

Ahmadi, Abu, 2011, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Al-Qur’an dan Terjemahnya

Al-Qusyairi, Syarif, Kamus Akbar Arab-Indonesia, Surabaya: Giri Utama Republik Indonesia, 2012,

Amin, Syamsul Munir, 2015, Bimbingan dan Konseling Islami, Jakarta: Amzah, Cet: 3

Bungin, Burhan, 2007, Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu sosial lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Chang, William, 2014, Metodologi Penulisan Ilmiah: Teknik Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, & Disertasi untuk Mahasiswa, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

_________ 2015. Bimbingan dan Konseling Perspektif Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Cholic, Abdul, 2009, Bimbingan dan Konseling Islami: Sejarah, Konsep, dan Pendekatannya, Yogyakarta: Pura Pustaka

Drajat, Manpan dan Ridwan Effendi, 2017, Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta

Ds, N. (2017). Asesmen Kebutuhan Belajar Anak Jalanan di Kota Makassar. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 121-129.

Erhamwilda, 2009, Konseling Islami, Yogyakarta: Graha IlmuFadilla, 2014, Impelentasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Fattah, A. (2016). Konsep pendidikan karakter dalam perspektif hadits. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 113-122.

Hadi, Sutrisno, 1987, Metodologi Research, Jogjakarta: Andi Offset, Cet. XXX

Hikmawati, Fenti, 2011, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, Cet: 2

Hutomo, Suyatno Satrio, 2011, Pengertian dan Jenis Masalah, diakses pada Selasa, 11 Desember 2018 pukul 11:31 WITA http://yayatsahut.blogspot.com/2011/04/pengertian-danmasalah-.html?m=1

Ishak, R. W., & Razaq, A. R. (2018). Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Smp Unismuh Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 62-74.

Kemdikbud, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/masalah, diakses pada hari Senin, 10 Desember 2018 pukul 14.18 WITA

Kementrian Agama RI, 2010, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: PT Madina Raihan Makmur

Kholifa, Aulia dkk, 2017, Permasalahan yang Disampaikan Siswa Kepada Guru BK/Konselor, Jurnal Pendidkan Vol. 3 Nomor 1

Lathifah, Ismi Aini, 2016 http://ismiainilathifah.blogspot.com/2016/12/bk- jenis-jenis-masalah-siswa-di-sekolah.html?m=1, diakses pada Selasa, 11 Desember 2018 pukul 21:08

Moleng, Lexi J, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mu’awanah, Elfi dan Rifa Hidayah, 2009, Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara

Nawawi, Hadari, 2011, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nursalim,Mochamad, 2015, Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling, Jakarta: Gelora Aksara Pratama

Prastowo, Andi, 2011, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Jakarta: Ar-ruz Media

Prayitno Irwan, 2004. Anakku, Penyejuk Hatiku, Bekasi: Pustaka Tarbitaruna, Cet: 2

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta 2017, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cet. 27

Sukmadinata, Nana Syaohdih, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumiati, S. (2017). Menjadi Pendidik Yang Terdidik. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 81-90.

Surachman, Winarno, 1990, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik, Bandung: Tarsita

Tim Pustaka Phoenix, 2012, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru, Jakarta: PT Media Pustaka Phoenix, Cet. 6

Tohirin, 2013, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta: Rajawali Pers

Tuasikal, Muhammad Abduh, 2013, https://rumaysho.com/3585-tafsir- surat-iqro-2-sombong-dengan-banyak-harta.html diakses pada Kamis, 13 Desember 2018 pukul 20:30 WITA.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah RI, Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara, Cet: 5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.