PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA

Muh Sugiharto, Ahmad Abdullah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MA Syekh Yusuf Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil pembelajaran mengalami peningkatan yang sangat signifikan, hal ini terlihat dari hasil rekapitulasi nilai rata-rata tes siswa pada pra siklus adalah 38,03 dengan jumlah siswa tuntas belum ada atau 0%, dan siswa tidak tuntas 33 yaitu 100%. Sedang pada siklus I nilai rata-rata siswa 66,57 dengan jumlah siswa tuntas 14 yaitu 40% dan siswa tidak tuntas 21 yaitu 60%, pada siklus II nilai rata-rata siswa 79,16 dengan jumlah siswa tuntas 30 yaitu 83,33%. dan siswa tidak tuntas 6 yaitu 16,66%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dari 0% menjadi 40% dan akhirnya 83,33%.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa hasil belajar siswa erat kaitannya dengan metode mind mapping, karena mampu memotivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar mereka, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik seperti kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab, dan lain-lain, serta menjadi daya tarik siswa belajar SKI, dengan adanya metode pembelajaran yang mempermudah prosesĀ  memahami materi dengan baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Bahri, Syaiful dan Djamarah, Aswan Zain Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008).

Malli, R. (2016). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 159-166.

Mawardi, A. (2016). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 29-36.

Mawardi, A., Ondeng, S., Hanafy, M. S., & Yaumi, M. (2018). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Prestasi Akademik Dosen terhadap Mutu Pembelajaran. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 93-110.

Pratama, S., & Mawardi, A. (2017). Kinerja Dosen Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 24-32.

Retno, Hermawati, Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind mapping) (untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Pada Peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga, Tesis, (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Salatiga, 2009).

Sumiati, S. (2017). Menjadi Pendidik Yang Terdidik. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 81-90.

Sumiati, S., & Is, S. S. (2017). Dampak Ilmu Pengetahuan Teknologi Terhadap Iman Dan Takwa Mahasiswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 111-120.

Usman, Moh.Uzer, Menjadi Guru Professional. (Bandung: Remaja Rosdakarya,2004).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.