URGENSI PENDIDIKAN ISLAM BAGI KOMUNITAS ANAK JALANAN KOTA MAKASSAR

Abd Azis Muslimin

Abstract


Pendidikan Islam Hadir mewarnai kehidupan anak jalanan dan sedikitnya memberikan pengaruh positif bagi mereka, misalnya bicaranya agak sopan, agak menghargai orang lain, lebih mengatur jadwal belajarnya yang sekolah. Rendahnya aktualisasi Pendidikan Agama Islam di kalangan keluarga anak jalanan sebagai akibat tingkat pengetahuan orangtua tentang pendidikan agama yang kurang dan pengaruh lingkungan yang bebas. Kehadiran lembaga pendidikan agama seperti Universitas Muhammadiyah Makassar harus berupaya mengentaskan “kemiskinan iman”, dengan jalan penempatan mahasiswa KKP/P2K dari Fakultas Pendidikan Agama Islam dan FKIP di kantong-kantong kemiskinan di kota Makassar.

Kata kunci: Anak Jalanan; anak-anak di jalanan; kerentanan anak jalanan

Full Text:

PDF

References


Abustam, M. Idrus. 1995. Konsep Kemiskinan di Indonesia. Ujungpandang: Pusat Studi Kependudukan Universitas Hasanuddin.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bogdan dan Taylor. 1993. Kualitatif Dasar-dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.

Departemen Sosial RI. 1991. Pedoman Penyelenggaraan Pembinaan Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah. Jakarta: Direktorat Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Lanjut Usia.

------------. 2000. Modul Pelatihan Petugas Administrasi Rumah Singgah. Jakarta: Direktorat Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Lanjut Usia

------------. 2003b. Standar Pelayanan Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah. Makassar: Bagian Proyek Pembinaan Anak Jalanan.

------------. 1999a. Acuan Umum: Pengembangan Pelayanan Sosial Rumah Singgah dalam Menangani Anak Jalanan. Jakarta: Direktorat Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Lanjut Usia.

------------. 1999b. Petunjuk Teknis: Kemitraan Departemen Sosial RI – Lembaga Sosial Kemasyarakatan untuk Pembinaan Kesejahteraan Anak Jalanan di 11 Provinsi. Jakarta: Direktorat Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Usia Lanjut.

------------. 1999c. Dinas Sosial dan Linmas Kota Ujungpandang. Rumah Singgah dalam usia Dua Tahun. Ujungpandang:BKM Depsos Ujungpandang.

Garna, Judistira K. 1992. Teori-teori Perubahan Sosial. Bandung: PPs Universitas Padjadjaran.

Gay, LR. 1981. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Columbus: A Bell & Howell Company.

Getteng, Abd. Rahman. 1997. Pendidikan Islam dalam Pembangunan. Ujungpandang: Yayasan al-Ahkam.

Giddnens, Anthony-Daniel Bell-Michael Farse, etc. 2004. La Sociologie Historie et Idees. Diterjemahkan oleh Ninik Rochani Sjams dengan Judul Sosiologi Sejarah dan Berbagai Pemikirannya. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Hawari, Dadang. 1997. Al-Quran, Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Johnson, Doyle Paul. 1986. Sosiological Thepry Classical Founders and Contemporary Perspectives. Diterjemahkan oleh Robert MZ Lawang dengan judul Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia.

Kaplan, David. 2002. The Teory of Culture. Diterjemahkan oleh Landung Simatupang dengan judul Teori-teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartasasmita, Ginanjar. 1995. “Pemberdayaan Masyarakat, Sebuah Tinjauan Administrasi”. Bulletin Alumni SESPA, Edisi ke-4, No. 5.

Kneller, George F. 1964. Introduction to the Philosophy of Education. New York: John Willey Press.

Madjid, Nurcholis. Pintu-pintu Menuju Tuhan. Jakarta: Paramadina, 1994.

Mardalis. 2002. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardyawati. 2000. Efektivitas Manajemen Pendidikan Islam bagi Pembinaan Anak Jalanan di Kota Makassar. Tesis S2.

Martono, Lidya Harlina. 1996. Menuju Keluarga Harmonis: Mengasuh dan Membimbing Anak dalam Keluarga. Jakarta: PT Pustaka Antara.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam (Cet. II). Bandung: PT Rosdakarya Offset. 2002.

Muhajir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Ritzer, George. 1996. Modern Sosiological Theory, 4th edition. USA: The McGraw Hill Companies.

Soekamto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar, ed. IV. Jakarta: Raja Grafindo.

Syahruddin Yasen, dkk. Optimalisasi Pembinaan Anak Jalanan pada Rumah Singgah di Kota Makassar (Kerjasama Balitbangda, Bappeda Kota Makassar dan Yaspindo). 2003.

Tim Editor YAPPIKA. 2005. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas. Jakarta: FIK Ornop.

Tim Peneliti UI. 2004. “Ciri Khas Anak Jalanan. Online (http://humana.20.com/Jbab1.htm). Diakses 15 Junli 2004.

Ulwan, Abdullah Nashib Tarbiyatu al-Aulad fi al-Islam. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Semarang: Asy-syifa. 1981.

Undang-undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 2002. Jakarta: Biro Kepegawaian Hukum, Departemen Sosial RI.

Wahab, Muh. Kasim. 2003. Respon Anak Jalanan Terhadap Pemberdayaan Melalui Rumah Singgah di Kota Makassar (Kasus Rumah Singgah Insan Cita Makassar). Tesis, tidak diterbitkan. Makassar: PPs Unhas.

Zakariah dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.