PARIWISATA HALAL: TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA NEW NORMAL

Hurriah Ali Hasan

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Islam telah mempengaruhi permintaan masyarakat akan produk-produk halal yang sesuai dengan hukum Islam. Hal ini tercermin dengan berkembangnya sektor pariwisata jenis baru, yang disebut sebagai pariwisata halal atau wisata Islami. Kajian ini memberikan penjelasan yang komprehensif tentang pariwisata Islam dan prospeknya di masa depan, serta perkembangan pasar pariwisata halal saat ini di tingkat internasional. Terutama setelah masa pandemi Covid-19, kebutuhan kegiatan pariwisata oleh masyarakat dunia semakin tinggi, dan permintaan di industri pariwisata Islami juga sangat tinggi. Wisata syariah tidak hanya mencakup keberadaan tempat wisata ziarah dan religi tetapi juga mencakup ketersediaan fasilitas pendukung, seperti restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal dan tempat ibadah yang memadai. Selain syarat pemberlakukan aturan Islam, stabilitas keamanan, politik dan ekonomi merupakan salah satu komponen paling mendasar dari proses pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, yang ikut menentukan perkembangan daerah tujuan wisata halal.

Kata Kunci: pariwisata islami; syariat Islam; wisata halal


Full Text:

PDF

References


Al Quran al Karim. Departemen Agama RI.

Al-Wattar, Y. M. A.; Almagtome, A. H.; Al-Shafeay, K. M. (2019). The role of integrating hotel sustainability reporting practices into an Accounting Information System to enhance Hotel Financial Performance: Evidence from Iraq. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(4), 1–16.

Ali, M. N.; Almagtome, A. H.; Hameedi, K. S. (2019). Impact of accounting earnings quality on the goingconcern in the Iraqi tourism firms. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(5), 1–12.

Battour, Mohamed; Ismail, M. N. (2016). Halal tourism: Concepts, practises, challenges and future. Tourism Management Perspectives, 19(Part B), 150–154. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.12.008

Eddahar, N. (2016). Muslim Friendly Tourism Branding in the Global Market.

Fund, A. M. (2000). Unified Arab Economic Report.

Hasan, H. A. (2019). Ambiguity on Syariah Tourism In Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(5), 609-617

Mohsin, A.; Ramli, N,; Alkhulayfi, B. (2016). Halal Tourism: Emerging Opportunities. Tourism Management Perspective, 19, 137–143.

Nicolaides, A. (2016). Marian Tourism: Eastern Orthodox and Roman Catholic pilgrimage. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 5(4).

Nicolaides, A. (2020). Sustainable Ethical Tourism (SET) and Rural Community Involvement. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 9(1).

State of the Global Islamic Economic. (2019). Your gateway into the Islamic economy Global Islamic Economy Report 2018/19.

Suid, I.S.; Nor, N.A.M.; Omar, H. (2017). A Review on Islamic Tourism and the Practical of Islamic Attributes of Destination in Tourism Business. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(12), 255–269.

Usmanova, S. (2018). Development of ziyarah tourism in the Republic of Uzbekistan within the Organization of Islamic Cooperation. Review of Law Sciences, 3(1).

Zamani‐Farahani, H.; Henderson, J. C. (2010). Islamic tourism and managing tourism development in Islamic societies: the cases of Iran and Saudi Arabia. International Journal of Tourism Research, 12(1), 79–89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.