NILAI KEJUJURAN AKUNTANSI PERSPEKTIF HADITS

Hasyim M

Abstract


Motivasi dalam kajian ini adalah untuk menyajikan bagaimana pentingnya nilai kejujuran dalam disiplin ilmu akuntansi dalam urusan muamalah. Kejujuran dan Akuntansi merupakan dua hal yang juga disyariatkan dalam Agama Islam. Manfaatnya untuk menciptakan kedamaian di tengah-tengah masyarakat yang memiliki kepentingan.

Karya ilmiah ini merupakan kajian literatur yang menggunakan referensi ilmu Islam yang bersumber dari al Qur’an dan Hadis Nabi serta kepustakaan Ilmu Akuntansi. Hasil kajian menunjukkan bahwa Akuntansi merupakan hal yang diperintahkan dalam syariat Islam terkait urusan muamalah yang membutuhkan informasi dikemudian hari. Nilai kejujuran juga merupakan hal yang diperintahkan dalam al Qur’an dan Sunnah. Bentuk-bentuk kejujuran dalam akuntansi meliputi kejujuran dalam pencatatan, penyajian, distribusi, dan pengungkapan.

Full Text:

PDF

References


Al Qur’anul Kariim

Ahmad Warson Munawwir, Al-Munawwir Kamus Arab Indonesia (Surabaya: Pustaka Progresif, 1997), hlm. 770; Lihat juga: Munawir AF & Adib Bisri, Kamus al-Bisrî: Arab Indonesia-Indonesia Arab (Surabaya: Pustaka Progresif, 1999), hlm. 404.

Ahmed Riahi Belkaoui, Teori Akuntansi, Salemba empat, 2000

al-Imam Abu al-Qasim ‘Abd al-Karim al-Qusyairi, Risalah Qusyairiyah, (Jakarta: Pustaka Amani)

Al-Râghib al-Ashfahânî, Mu’jam Mufradât al-Fâzh al-Qur’ân (Beirut: Dar al-Fikr).

Mulyadi dan Kanaka Puradiredja, Auditing, Jakarta: Salemba Empat, 1998

Tafsir Al Misbah, M. Quraish Shihab, 2005

Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia. Update 2019

https://carihadis.com

https://gethadith.web.app/

https://www.yuksinau.id/pengertian-jujur/#Pengertian_Jujur_Menurut_Para_Ahli


Refbacks

  • There are currently no refbacks.