DAKWAH INSTAGRAMIYAH HIMPUNAN MAHASISWA PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UNISMUH MAKASSAR

Sudir Koadhi

Abstract


Media dakwah secara spesifik merupakan alat-alat fisik maupun alat-alat virtual yang dapat digunakan menyampaikan pesan dakwah, sekaligus dapat berfungsi menjelaskan isi pesan dakwah tersebut seperti buku, film, video, kaset,slide,dan sebagainya.  

Penggunaan teknologi Web 2.0 platform dasar media sosial memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. Teknologi Web 2.0 menjadikan  media sosial hadir dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk socialnetwork, forum internet, weblogs, social blogs, micro blogging, wikis, podcasts,gambar, video, rating, dan bookmark sosial.

Instagram yang dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger merupakan sebuah aplikasi gratis yang fungsi utamanya sebagai tempat untuk mengupload foto dan video melalui gadget seperti smartphone, kemudian berkembang fungsinya sehingga dapat menyunting foto yang memiliki enam belas efek, dan dapat diunggah pada jejaring sosial.

Instagram menjadi salah satu media penyampai pesan dakwah yang banyak digunakan oleh para dai. Hal ini disebabkan oleh jumlah pengguna aktif instagram yang cukup banyak di Indonesia. Melalui akun instagram, dai dapat menyampaikan dakwahnya dalam bentuk foto dan video pendek yang disertai dengan caption atau keterangan dari foto dan video tersebut.

Berdakwah melalui instagram saat ini merupakan salah satu metode dakwah yang cukup banyak peminatnya selain karena istagram merupakan media sosial yang sedang tren, juga penggunaan media audio visual sebagai bentuk konten dakwah.


Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhammad. 2008. Memperbarui Komitmen Dakwah. Jakarta: Rabbani Pers.

Ali Aziz, Moh., 2015. Ilmu Dakwah, ed. revisi. Cet. IV; Jakarta: Prenadamedia Group.

Alyusi, Shiefti Dyah. 2016. Media Sosial, Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana.

Amin, Samsul Munir. 2009. Ilmu dakwah. Jakarta: Amzah.

Arifin, M. 2000. Psikologi Dakwa. Jakarta: Bumi Aksara.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Berkowski, George 2016. How to Build a Billion Dollar App: Temukan Rahasia dari para Pengusaha aplikasi paling sukses di dunia .Tangerang:Gemilang.

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Helmi, Masdar. 2009. Dakwah dalam Alam Pembangunan, Semarang: CV Toha Putra.

Lesmana, Gusti Ngurah Aditya .2018. Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment. Jakarta: PT. XL AXIATA.

Munir, M. dan Wahyu Ilaihi. 2006. Manajemwn Dakwah, Jakarta: Rahmat Semesta.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosio teknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Saerozi. 2013. Ilmu Dakwah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Salbino, Sherief. 2014. Buku Pintar Gadged Android Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Syamsuddin. 2016. Pengantar Sosiologi Dakwah. Jakarta: Kencana.

Referensi Internet:

http//blog.ub.ac.id/alifiainformatika-perkembangan-aplikasi-social-photo sharing- Instagram/ diakses 03/011/2021 pukul 19:38

Http://andikhaerul.blogspot.com/2012/11/fungsi-dan-kegunaan-instagram.html

diakses 29 desember 2020

http://en.wikipedia.org/wiki/Instagram, diakses 03/11/2021 pukul 18:41

https://dailysocial.id/post/apa-itu-instagram (28 juni 2021)

Instagram (on-line), tersedia di: https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram. diakses

pada 03/11/2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.