STRATEGI LITERASI INFORMASI DALAM PENCARIAN REFERENSI ILMU KEISLAMAN
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah memberikan kemudahan mendapatkan informasi. Hal tersebut menyebabkan tantangan akademis saat ini bukan lagi untuk menemukan informasi, tetapi bagaimana memilih, mengatur, dan mengevaluasi validitas dan reliabilitas informasi yang tersedia, khususnya dalam kegiatan mencari referensi ilmu pengetahuan. Dalam pengetahuan keislaman, sumber referensi utama merujuk kepada dalil-dalil yang diakui validitas kesahihannya, serta referensi penafsirannya yang semakin beragam dan luas. Digitalisasi informasi telah memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan, sehingga diperlukan literasi informasi untuk memastikan validitas dan reliabilitas informasi-informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur strategi literasi informasi yang tepat dalam mencari referensi ilmu keagamaan Islam. Pengukuran dilakukan dengan menilai kompetensi literasi informasi yang dimiliki oleh mahasiswa saat membutuhkan referensi keislaman dalam proses pembelajaran dan penelitian, berdasarkan pada tingkat pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 210 mahasiswa bidang studi keislaman untuk mengukur tingkat pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menerapkan literasi informasi untuk menemukan referensi-pengetahuan keagamaan Islam. Uji variabel dilakukan untuk mengetahui nilai persentase, frekuensi dan nilai rata-rata dari tingkat pegetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan literasi informasi untuk mendapatkan referensi ilmu pengetahuan keislaman. Kajian deskriptif menjelaskan bahwa mahasiswa memiliki keterampilan literasi informasi yang baik pada indikator pemahaman akan kebutuhan informasi dan bagaimana menemukan informasi, namun memiliki nilai yang rendah pada indikator evaluasi informasi dan penggunaan informasi secara tepat. Sementara pada variabel keterampilan literasi informasi yang dimiliki mahasiswa rata-rata masih rendah, diukur berdasarkan indikator kemampuan menggunakan teknologi informasi (tool literacy), memahami cara mendapatkan sumber informasi (resource literacy) dan kemampuan menyusun tugas ilmiah dengan memanfaatkan alat teknologi informasi (publishing literacy). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan keterampilan literasi informasi di kalangan mahasiswa masih sangat terbatas. Banyak mahasiswa yang belum melakukan penyaringan dan validasi terhadap sumber-sumber referensi yang mereka temukan di internet.
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan; Keagamaan Islam; Literasi Informasi
Full Text:
PDFReferences
ACRL (Association of college and research libraries) (2000) Information Literacy, Accessed [17 January 2008] http://www.ala.org/ala/acrl/
Anunobi, C., & Udem, OK. (2014) Information Literacy Competencies: A Conceptual Analysis. Journal of Applied Information Science and Technology, 7 (2) (2014)
Bobish, G., & Jacobson, T. (2014) The Information Literacy User’s Guide. Open SUNY Textbooks, Milne Library. State University of New York at Geneseo
Brians, C.L. (2010). Review of Information Literacy Instruction Handbook. Journal of Political Science Education, 6: 87-88
Iswanto, Agus. (2018). Membaca Kecenderungan PemikiranIislam Generasi Milenial Indonesia. Jurnal Multikultural & Multireligius, Vol. 17, 2018
Jarson, J. (2010). Information Literacy and Higher Education: A Toolkit for Curricular Integration. College and Research Libraries News, 71(10), 534-528.
Kamalie, L.M (2011). Successful information literacy through librarian - lecturer collaboration. Dissertation. University of the Western Cape.
Landøy, A., Popa, D. & Repanovici, A. (2020) Basic Concepts in Information Literacy. Springer Texts in Education.
Maitaouthong, T., Tuamsuk, K., & Tachamanee, Y. (2012). The roles of university libraries in supporting the integration of information literacy in the course instruction. Malaysian Journal of Library & Information Science, Vol. 17, no. 1, April 2012: 51-64
Ranaweera, P. (2012) Importance of Information Literacy skills for an Information Literate. National Institute of Library & Information Sciences, University of Colombo
Ummah, Siti Syamsiyatul (2019). DIGITALISASI HADIS (Studi Hadis di Era Digital). Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis 4, 1 (September 2019) h. 1-10
Wibawanto, Alwan (2018). PENGGUNAAN INTERNET DALAM PERPUSTAKAAN. Pustakaloka, Volume 10 No. 2, November 2018
Zapalska, AM., Zieser, N., McCarty, M., Kelley, T., Young-McLear, KC., Glinski, MS., & Weinstein, L. (2016). Information Literacy Strategy: A Case Study of the Management Department at the U.S. Coast Guard Academy. Education for Entrepreneurship. Vol. 6, NR2 (2016).
Refbacks
- There are currently no refbacks.