PENDIDIKAN ISLAM MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG

Muh. Amin

Abstract


Sejarah perjalanan bangsa Indonesia, tidak terlepas dari peran umat Islam, khususnya dalam perjuangan mengusir penjajah dari muka bumi Indonesia. Melalui bidang pendidikan, para tokoh-tokoh Islam menetapkan pendidikan Islam untuk memperkuat pondasi agama dan bagi rakyat untuk melawan sistem pendidikan yang dibawa oleh penjajah Belanda. Sistem pendidikan Islam menjadi satu-satunya pendidikan formal yang memiliki sistem dan pengelolaan tersendiri yang berbeda dengan sistem pendidikan yang dibawa oleh Belanda. Peraturan-peraturan pemerintah Belanda yang demikian ketat dan keras terhadap aktivitas madrasah dan pondok pesantren di Indonesia, tidak membuat pendidikan Islam menjadi lumpuh dan porak poranda. Sebaliknya, jiwa Islam tetap terpelihara dengan baik, di mana para ulama dan kyai bersikap non cooperative dengan Belanda dan mereka pun menyingkir dari tempat yang dekat dengan Belanda. Tekanan yang serupa dialami sistem pendidikan Islam di jaman pendidikan Jepang. Di mana pemerintah Jepang mewajibkan guru untuk belajar bahasa Jepang dan mewajibkan hormat kepada Tenno (Kaisar). Kekuatan prinsip para ulama tokoh pendidik Islam telah menunjukkan kemampuan pendidikan Islam bertahan sesuai dengan prinsip Islam, tanpa pengaruh dari kekuatan manapun yang sedang berkuasa.

Kata Kunci: Pendidikan Islam; Masa Penjajahan; Tekanan Penjajah

Full Text:

PDF

References


Hamzah Amir, Wirjosukrto.1985. Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran Islam, cet. Iv. Jember: Muria Offset.

Hasbullah. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

http://our-ed.blogspot.com/2012/05/pendidikan-di-zaman-penjajahan-jepang.html diunduh hari senin 9 Oktober 2018 pkl 0645.

http://nieez-azza.blogspot.com/2012/05/makalah-pendidikan-islam-pada-masa.html, di unduh hari senin 9 Oktober 2018 pkl. 06:00.

Jalaluddin. 1990. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia

Nasution, Harun. 1992. Ensiklopedia Islam Indonesia. Jakarta: Djambatan.

Nizar, Samsul (ed). 2008. Sejarah Pendidikan Islam “Menelusuri Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia. Jakarta: Kencana

Ramayulis. 2011. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Shaleh, Abdul Rahman. 2004. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa “Visi, Misi dan Aksi,” Jakarta: RajaGrafindo Persada

Subhan, Arief. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Abad Ke-20 “Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas. Jakarta: Kencana.

Steenbrink, A Karel. 1984. Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke-19. Jakarta: Bulan Bintang.

Ramayulis. 2011. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Zuhairini, dkk. 2011. SejarahPendidikan Islam. Jakarta: BumiAksara.

Wahab, Rohidin FZh. 2004. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Alfabeta

Yunus, Mahmud. 1985. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hadikarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.