PENGAJARAN BAHASA DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN
Abstract
Berbahasa adalah suatu kegatan yang dilakukan oleh manusia setiap saat sejak bangun dari tidur, bahkan kadang-kadang di waktu tidur atau mimpi. Sehingga berbahasa menjadi sesuatu yang normal dan alamiah. Bahasa-bahasa dunia ini memiliki ragam bentuk yang berbeda, bergantung pada perbedaan kelompok masyarakat pemakainya dalem berkomunikasi Banyaknya kelompok dalam masyarakat dunia menyebabkan munculnya berbagai jenis bahasa yang tersebar di pelosok dunia, termasuk di antaranya adalah Bahar Arab. Bahasa Arab selain memiliki arti agama, juga memiliki arti penting sebagai medium budaya dalam masyarakat muslim. Bahasa Arab dipakai oleh orang-orang yang hidup di Jazirah Arab, yang kemudian berpindah ke berbagai negara termasuk lndonesia. Kedudukan istimewa yang dimiliki oleh bahasa Arab di antara bahasa-bahasa lain di dunia karena ia berfungai sebagai bahasa al-Quran dan Hadis serta kitab-kitab agama Islam lainnya.
Kata kunci: Bahasa Arab; Kebudayaan; Bahasa al-QuranFull Text:
PDFReferences
Al-Baladuri. 1901. Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan
Al-Hafid, M Radhi. 1996. Sistem Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern (Studi Kasus Pesantren Modern IMMIM Ujung Pandang). Ujungpandang: Yayasan Ahkam.
AI-Jurjani. 1938. Al-Ta’rifat. Mesir: Mesir AI-Babi.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 1987. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Ujung Pandang FakuItas Tarbiyah. lAIN Alauddin, Ujung Pandang.
Arsyad, Azhar. 1989. Suatu Penafsiran Psikodinamik terhadap Metodologi Pengajaran bahasa Asing lnovatif. Jakarta: AI-Quswa
Ash-Shiddiqy, TM Hasby. 1971. TafsirAt-Bayan. Bandung: Al-Maarif.
Bagy, Muhammad Fuad Abd. 2000. Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazi Al Quran Al Karim. Beirut: Dahlan
Departemen Agama RI. 2001. Al Quran Al Karim dan terjemahannya. Semarang: Toha Putra.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Faris, N. 1954. The Arabe and Their History. Washington: t.tp
Frandsen, Arden N. 1967. Education Psychology. McGraw Hill Book Company. New York- St Louis- San Fransisco- Toronto- London- Sidney.
Furehan, Ariel. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Gleitman, Henry. 1989. Psycology, 2nd edition. New York: WW. Norton & Company.
lqbal, Mansuri Sirojuddin. 1993. Pengantar Ilmu Tafsir. Bandung: Angkasa
KhaliI, Munawar. T. Th. Al Quran dari Masa ke Masa. Semarang: Ramadhani.
Reber, Arthur S. 1988. The Penguin Dictionary of Psychology. Ringwodo Victoria: Pengion Books Australia Ltd
Sardiman, AM. 2001. lnteraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shalihah, Khadijatus. 1983. Perkembangan Seni Baca Al Quran dan Qiraat Tujuh di lndonesia. Jakarta: Pustaka At-Husna.
Shihab, M. Quraish. 1995. Membumikan Al Quran. Bandung: Mizan
Shihab, M. Quraish. 1998. Mukjizat Alquran. Bandung: Mizan
Shodiq. 1988. Kamus Istilah Agama. Jakarta: Sienttaran
Soegganda, Poebakawatja. 1960. Ensiklopedia Islam. Jakarta: Gunung Agung
Suparmoko, M. 1995. Metode Penetian Praktis. Yogyakarta: BPEE.
Tolla, Achmad. 1995. Kajian Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Umum di Kotamadya Ujungpandang. Disertasi. MaIang: PPs. IKIP Malang.
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zuhdi, Masytuk. 1997. Pengantar Ulumul Quran. Surabaya: Karya Abditama
Refbacks
- There are currently no refbacks.