PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PROGRAM KARTU KELUARGA SEJAHTERA

Sulaeman Masnan, Ahmad Nashir

Abstract


Permasalahan kemiskinan merupakan masalah yang multi dimensi, yang sulit dicari solusi tepat untuk menyelesaikannya. Meski sejak era kemerdekaan pemerintah Indonesia telah mencanangkan beberapa program dalam pengentasan kemiskinan dari program peningkatan kesejahteraan pasca kemerdekaan sampai dengan program khusus penanggulangan kemiskinan. Penanganan kemiskinan dengan model sistem kesejahteraan sosial di berbagai negara, dikenal empat model sistem, yang didasarkan pada alokasi anggaran yakni; 1) model universal di mana pemerintah menyediakan jaminan sosial kepada semua warga negara secara melembaga dan merata; 2) model institusional, yaitu jaminan sosial dilaksanakan secara lembaga di mana konstribusi skim jaminan sosial berasal dari tiga pihak (payroll contribution), yakni pemerintah, dunia usaha dan pekerja; 3) model residual yaitu jaminan sosial dari pemerintah lebih diutamakan kepada kelompok lemah, seperti orang miskin, cacat dan pengangguran; dan 4) model minimal, yaitu Anggaran negara untuk program sosial sangat kecil, hanya di bawah 10 persen dari total pengeluaran negara. Di banyak daerah di Indonesia, pemerintah menggunakan konsep Program Kartu Keluarga Sejahtera untuk penanganan kemiskinan. Di kabupaten Sinjai, Program Kartu Keluarga Sejahtera telah berjalan dengan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Tim Pengendali Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai dan terkordinasi dengan baik oleh Pemerintah Desa dan seluruh element yang terlibat mulai dari tahap sosialiasi sampai proses pembagian bantuan yang telah dilakukan secara transparan. Program ini sangat membantu masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, guna menigkatkan kualitas gizi utama masyarakat agar terhindar dari malanutrisi.

Kata kunci: Kemiskinan, Penanganan Kemiskinan, Program Kartu Keluarga Sejahtera

Full Text:

PDF

References


Achmad Syafi’i (2013) tentang “Model Implementasi Program Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Lamongan. (Online). Vol. 11, No. 2 (https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dia/article/view/302, diakses 28 Juni 2020).

Anisa Rahma Dini, Yunisca Nurmalisa, Abdul Halim. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Gulak Galik 2018. (Online). No. 9 (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ index.php/JKD/article/download/17837/12721, diakses 28 Juni 2020).

Cahaya. (2015). Kemiskinan Ditinjau dari Perspektif Al-Quran dan Hadis: Tidak ditebitkan.

Diah Tri Hermawati (2017) tentang “Analisis Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Pasuruan Tahun 2017. (Online). Vol. 18 No 1, (https://journal.uwks.ac.id/index.php/ sosioagribis/article/download/446/pdf, diakses 1 Juli 2020).

Guntur, Effendi. (2009). Pemberdayaan Ekonomi Rakyat: Transformasi Perekonomian Rakyat Menuju Kemandirian Dan Berkeadilan. Jakarta: Sagung Seto.

Gunawan, Imam. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

https://www.bankmandiri.co.id/bansos

https://www.antaranews.com/berita/609142/kemensos-kartu-keluarga-sejahterapunya-banyak-keunggulan

Machmud, Amir. (2016). Perekonomian Indonesia Pasca Reformasi.Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Nafiah Ariyani, Akhmad Fauzi, Bambang Juanda, Irfan Syauqi Beik (2015) tentang “Evaluasi Pogram Pengentasan Kemiskinan Menggunakan Metode Rappoverty.” (Online).(https://jurnal.dpr.go.id/index.php/ekp/ article/view/347/278 , diakses 28 Juni 2020)

Nawawi, Martini, (1998). Penelitian Terapan Yogyakarta: Gajar mada University Press.

Nasution, S. (2001). Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: PT. Buana Aksara.

Sastra, Eka. (2017). Kesenjangan Ekonomi: Mewujudkan Keadalian Sosial diIndonesia. Bandung: Expose.

Searbok, Jeremy. 2006. Kemiskinan Global: Kegagalan Model Ekonomi Neoliberalisme.Yogyakarta: Resist Book.

Selviana. (2016). Bantuan Langsung Tunai 2016. (Online). Volume III No. 2 (https://media.neliti.com/media/publications/60945-ID-bantuan-langsung-tunai.pdf, diakses 28 Juni 2020)

Soerjono Soekanto, 1996, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UI Press.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: R & D. Alfabet.

Tim Pengendali Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai. (2019). Pedoman Umum Program Sembako 2020. Jakarta.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). (2011). Panduan Penanggulangan Kemiskinan Buku Pegangan Resmi TKPK Daerah. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.