METODE PAUD DALAM PERSPEKTIF HADITS TEMATIK TARBAWY
Abstract
Pendidikan adalah faktor penting terhadap eksistensi sebuah peradaban. Melalui pendidikan yang benar, maka kemajuan suatu bangsa dapat tercapai. Pendidikan lslam selalu meramaikan isi alam ini dengan generasi-generasi terbaik, mengisi hidup secara sempurna dengan akhlak al-Quran, kejujuran, etika, budi pekerti, harga diri, keamanan, kepercayaan, kesungguhan, semangat kerja, keluhuran, dan kebajikan. Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Keberhasilan menanamkan nilai-nilai rohaniah (keimanan dan ketakwaan pada Allah Swt.) dalam diri peserta didik, terkait dengan satu faktor dari sistem pendidikan, yaitu metode pendidikan yang dipergunakan pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan ilahiyah, sebab dengan metode yang tepat, materi pelajaran akan dengan mudah dikuasai peserta didik. Dalam mendidik, Rasulullah Saw. menggunakan perumpamaan sebagai satu metode pembelajaran untuk memberikan pemahaman kepada sahabat, sehingga materi pelajaran dapat dicerna dengan baik. Metode ini dilakukan dengan cara menyerupakan sesuatu dengan sesuatu yang lain, mendekatkan sesuatu yang abstrak dengan yang lebih konkrit. Rasulullah juga mengajarkan dengan tindakan dan contoh amalan. Untuk menentang kebiasaan orang Arab yang membenci anak perempuan, Rasulullah Saw. menyelisihi kebiasaan mereka, bahkan dengan menggendong cucu perempuannya dalam shalat. Karena bagaimanapun, seorang pendidik besar di mata anak didiknya, berdasar apa yang dilihat dari gurunya akan ditirunya. Karena anak didik akan meniru dan meneladani apa yang dilihat dari gurunya, maka wajiblah guru memberikan teladan yang baik. Rasulullah sejak awal sudah mencontohkan dan melakukan metode pendidikan yang tepat kepada ummatnya. yang dilakukan sangat akurat dan tepat dalam menyampaikan ajaran Islam.
Kata kunci: Pendidikan anak; metode pendidikan; PAUDFull Text:
PDFReferences
Abdullah Nas hih, Ulwan. 2012. Pendidikan Anak Dalam Islam, penerjemah Arif Rahman. Solo : Insan Kamil.
Al-Asqalani, Ibnu Hajar. 2010. Fathul Bari: (Syarah Shahih Al-Bukhari), Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Al-Asqalani, Ahmad ibn Ali ibn Hajar Abu al-Fadhil. t.t. Fathul Bari Syarah Shahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Utsaimin, Muhammad Bin Shalih. 2010. Syarah Shahih Al-Bukhari Jilid 1, Jakarta: Darus Sunnah Press.
Andalusi, Imam Ibn Abi Jamrah. 1979. Bahjat an-Nufus wa Tahalliha Bima’rifati ma Laha wa ma Alaihi (Syarah Mukhtasar Shahih al-Bukhari) Jam’u an Nihayah fi bad’i al-Khairi wa an-Nihayah. Beirut: Darul Jiil.
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Ushulut Tarbiyyah Islamiyyah Wa Asâlibiha fî Baiti wal Madrasati wal Mujtama’ terj. Shihabuddin dengan judul “Prinsip dan Metode Islam Dalam Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat, (Bandung: CV. Diponegoro), cet.1.
Anwar, Qomari. 2003. Pendidikan Sebagai Karakter Budaya Bangsa. Jakarta: UHAMKA Press.
Arifin, M. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Bukhari, Abu Abdullah bin Muhammad Ismâil. Al-Jâmi’ al-Shahĩh al-Mukhtasar. Beirut: Dâr Ibnu Kaşir al-Yamâmah.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2007. Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas:Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. 2002. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Menu Pembelajaran Generik). Depdiknas: Jakarta.
Ghuddah, Abdul Fattah Abu. 2015. Muhammad Sang Guru (Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah): Temanggung: Armasta.
Hamd, Ibrahim, Muhammad. 2002. Maal Muallimîn, terj. Ahmad Syaikhu. Jakarta: Dârul Haq.
Hasbiyallah dan Moh. Sulhan, 2015. Hadis Trabawi, Bandung: Remaja Rosda- karya.
M. Solehuddin. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Depdikbud.
Minarti, Sri. 2013. Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Amzah).
Munawwir, Warson Ahmad. Al-Munawwir 1997. Kamus Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nas hih Ulwan, Abdullah. 2012. Pendidikan Anak Dalam Islam, penerjemah Arif Rahman (Solo : Ins an Ka mil)
Nata, Abudin. 2001. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Poerwakatja, Soegarda. 1982. Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Risaldy, Sabil, 2004. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini, Jakarta: Luxima,
Risaldy, Sabil. 2004. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini, Jakarta: Luxima.
Soerachmat, Winarno. 1992. Dasar-Dasar Teknik Research. Bandung:
Sumardi, Muljanto. t.t. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam/IAIN. Jakarta: Departemen Agama RI, Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama.
Surakhmad, Winarno. 1998. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Suyadi & Maulidya Ulfah, 2013. Konsep Dasar PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyadi, 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pedagogia,
Wojowasito, S. W. Wasito Tito. 1980. Kamus Lengkap Inggeris-Indonesia, Indonesia-Inggeris. Bandung: Hasta.
Yasu‘iy, Ma‘luf, Louwis. t.t. Al-Munjid fi al-Lughah wa al-A‘lam, Cetakan XXVI. Beirut: al- Masyriq.
Yusuf, Tayar Anwar, Syaiful. 1995. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.