Pengaruh Sikap Religiusitas Terhadap Minat Berinvestasi Individu Masyarakat Muslim di Indonesia

Hurriah Ali Hasan

Abstract


Penelitian ini mengkaji minat masyarakat Muslim pada level menengah ke bawah dalam berinvestasi jangka panjang. Penelitian ini penting dilakukan mengingat bahwa masyarakat Muslim yang memiliki tingkat religiusitas yang tinggi, pada umumnya menyerahkan hidup sepenuhnya kepada takdir yang diberikan oleh Allah SWT kepada mereka, terutata hal-hal yang terkait rejeki dan kekayaan. Prinsip bahwa “rejeki tidak akan kemana” terbukti menjadi pegangan yang kuat bagi masyarakat Muslim dengan tingkat kesejahteraan menengah ke bawah, sehingga mempengaruhi keinginan dalam bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan, atau pun mengorbankan modal dalam bentuk penyertaan investasi jangka panjang. Sebanyak 74 responden yang dilibatkan dalam dalam penelitian ini, memilih menjalani hidup sesuai dengan rejeki yang telah ditentukan oleh Sang Maha Pencipta. Dalam arti bahwa mereka tidak tertarik menginvestasikan uang mereka untuk mendapatkan pendapatan lain di luar gaji atau upah kerja yang mereka sudah dapatkan secara rutin. Di sisi lain, responden juga memperlihatkan adanya ambigu dalam mengejar rejeki jangka pendek, di mana mereka memilih bekerja keras, yang menggunakan waktu dan tenaga lebih banyak untuk mendapatkan tambahan rejeki di luar pendapatan pokok mereka. Keadaan tersebut menunjukkan bahwa faktor religiusitas masyarakat Muslim dengan tingkat kesejahteraan menengah ke bawah, masih sangat kuat membatasi ruang gerak mereka dalam mengembangkan aset dan kekayaan yang berimpak kepada peningkatkan kesejahteraan jangka panjang.

Kata kunci: Tingkat kesejahteraan; investasi jangka panjang; religiusitas Islam

References


Adiyanto, M.R., Purnomo, A.S.D., & Setyo, A. (2021). Dampak tingkat literasi keuangan syariah terhadap minat menggunakan produk keuangan syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1–12.

Ahmad, A. (2019). Dampak Locus Of Control, Sikap Keuangan, Pendapatan, dan Religiusitas terhadap Perilaku Keuangan. Management and Accounting Expose, 2(2), 105–115.

Amir, Y., & Lesmawati, D. R. (2016). Religiusitas dan spiritualitas: konsep yang sama atau berbeda? . Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris , 2(2), 67–73.

Amri, U., & Hasan, H. A. (2021). Forex trading menurut hukum islam. PILAR, 12(1), 1-12.

Christiani, N & Mahastanti L, A. (2011). Faktor-Faktor yang dipertimbangkan Investor Dalam Melakukan Investasi. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol. 4 No. 3

Fauzi. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Santri di Kabupaten Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(1), 37–46.

Hasan, H. A. (2017). Pengentasan Kemiskinan dengan Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 50-63.

Jalaluddin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta : Rajawali Pers

Khoirunnisa. (2017) Pengaruh Norma Subjektif, Return Ekspektasion dan modal Investasi Minimal Terhadap Minat Investasi Saham Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Profita. Vol. 8 No. 22

Listyarti, I. (2018). Pengambilan keputusan investasi investor di pasar modal Indonesia ditinjau dari Teori Reasoned Action. Journal of Business and Banking Vol. 7 No. 2 November 2017 – March 2018 pp. 237–250

Mardiana, E., Thamrin, H., & Nuraini, P. (2021). Analisis Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 512–520.

Mubarok, F.K. (2018). Peran Sosialisasi dan edukasi dalam Menumbuhkan Minat Investasi di Pasar Modal Syariah. Jurnal Inovasi, Vol. 14 No. 2

Natalie, Cameron, Chrisann,(2011), Framework for Assessing Financial Literacy and Superannuation Investment Choice Decisions, Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 5(2), 3-22.

Umam, Khaerul. (2013). Pasar Modal Syariah dan Praktik Pasar Modal Syariah. Bandung: Pustaka Setia

Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh Religiusitas, Persepsi Dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 114–130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.