Aspek Hukum Islam pada Transaksi Jual Beli dengan Pembayaran Cicilan

Saidin Mansyur

Abstract


Jual beli dengan sistem pembayaran cicilan (kredit) merupakan suatu mekanisme yang digunakan dalam transaksi jual beli, di mana pembayaran dilakukan secara berkala dalam jangka waktu yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli. Jenis perdagangan dengan sistem kredit, diperbolehkan dalam Islam sepanjang syarat-syarat yang diperlukan dalam Syariah, dapat dipenuhi oleh kedua pihak yang bertransaksi. Dalam transaksi ini, terjadi kesepakatan dua pihak di mana penjual akan menyerahkan barang secara tunai, sedangkan pembeli membayar harga barang secara bertahap (cicilan) dalam jumlah dan dalam jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak. Salah satu landasan syariah yang menjadi dasar diperbolehkannya praktik jual beli dengan pembayaran cicilan adalah pernyataan bahwa keabsahan sebuah transaksi muamalah, sepanjang tidak terdapat dalil yang melarangnya, maka transaksi muamalah sah dan halal adanya. Dalam transaksi jual beli dengan pembayaran cicilan ini, tidak ditemukan adanya dalil yang melarang.

Kata Kunci : Pembayaran cicilan, Pembiayaan syariah, jual beli sistem kredit.


References


Adam, P. (2018). Fikih Muamalah Adabiyah. PT Refika Aditama.

Akbar, Andi Ali. (2014). Prinsip-Prinsip Dasar Transaksi Syariah. Banyuwangi: Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Karang Dorong.

Assylbek, Sarsembayev; Nurlan, Anarbayev; Laura, Kundakova; Kymbat, Karatyshkanova; Muratbek, Myrzabekov (2021). Philosophical aspect of installment trading in Islamic Rules. Propósitos y Representaciones. Mar. 2021, Vol. 9, SPE(2), e1012

Hendarsyah, D. (2020). “Analisis Perilaku Konsumen Dan Keamanan Kartu Kredit,” Jurnal Perbankan Syariah 1, no. 1.

Hidayat, Enang. (2016). Transaksi Ekonomi Syariah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khalaf, A. W. (2003). Ilmu Ushul Fiqh: Kaidah Hukum Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Koyuncu, C., & Bhattacharya, G. (2004). The impacts of quickness, price, payment risk, and delivery issues on online shopping. The Journal of SocioEconomics, 33(2), 241–251.

Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta: Radja Grafindo.

Mustofa, Imam. (2006). Fiqih Mu’amalah Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers

Rahayu, Titi. (2021). Analysis of Buying and Selling Contracts Shopee Paylater E-Commerce in Islamic Economic Perspective, Journal of Islamic Economics and Banking, Vol. 3, No. 2.

Sirait, N.M.K., & Wahyuni, S. (2020). Pemikiran Yusuf Qardhawi Tentang Kenaikan Harga Dalam Transaksi Kredit. Ilmiah Al-Hadi, 6(1), 90.

Suhendi, Hendi. (2022). Fiqh Muamalah. Cet. I; Jakarta: Rajawali Press.

Zurohman, A., & Rahayu, E. (2019). Jual Beli Online dalam Perspektif Islam. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.