Desain Alur Manajemen Pembelajaran ADLX, Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah Serta Pengaruhnya Terhadap Karakter Siswa Pada Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ikhtiar Makassar

Syahruddin Yasen

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian mandiri yang dilakukan untuk kedua kalinya di SIT Ikhtiar, Makassar mulai Agustus-Desember 2023 di Kota Makassar, menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui kuesioner yang berisi pernyataan berkala likert, dan data sekunder melalui wawancara. Hasil jawaban responden dari data primer kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik SPSS versi terkini. Dengan menggunakan hipotesis nol, juga dilakukan teknik analisis data dengan melalukan uji reliabilitas, validitas, juga asusmsi klasik, heteroskedastisitas, multikorelastisitas dan uji parsial. Dari populasi 300 orang lebih yang meliputi guru dan siswa, ditarik sampel dengan menggunakan rumus slovin, maka diperoleh sampel sebanyak 172 responden, dengan standar eror 0,05%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Uji hipotesis Desain Alur Manajemen Pembelajaran ADLX, Desain Alur Pembelajaran ADLX berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap Karakter Siswa. Hal tersebut dibuktikan hasil output statistik dimana nilai thitung> ttabel yang mana thitung adalah 3,307 dan untuk nilai ttabel = 1,6607 dengan nilai sig. 0,001 < 0.05; 2) Hasil uji hipotesis Kompetensi Guru berpengaruh positif dan siqnifikan yang dibuktikan output statistik dimana tabel = 1,6607 dengan nilai sig. 0,028 < 0.05 ; 3) Variabel Budaya Sekolah berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap Karakter Siswa, dengan output statistik dimana thitung> ttabel yang mana thitung adalah 5,506 dan untuk nilai ttabel = 1,6607 dengan nilai sig. 0,000<0.05; dan 4) Desain alur manajemen pembelajaran ADLX, Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah secara simultan terhadap karakter berdasarkan analisis statistik bahwa Berdasarkan hasil uji F (uji simultan) diperoleh nilai Fhitung sebesar 27,373 dengan F0,5;97;3 atau disebut dengan Ftabel sebesar 2,700 sehingga diperoleh Fhitung > F-tabel. Simpulan penelitian ini adalah: 1) Desain alur manajemen pembelajaran ADLX memberikan peningkatan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa; 2) Kompetensi guru Dimana setiap terjadi peningkatan nilai kompetensi guru, maka akan memberikan peningkatan pada karakter siswa; 3) Budaya sekolah Dimana setiap terjadi peningkatan nilai budaya sekolah akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa dan; 4) Secara simultan (bersamaan) bahwa semua variabel yang diuji dalam penelitian ini memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas dan karakter siswa pada SIT Ikhtiar Kota Makassar.

Kata kunci: ADLX, Kompetensi Guru, Budaya Sekolah dan Karakter Siswa


Full Text:

PDF

References


Al-Karim dan Terjemahnya Hadits, Syarah Hadits Arbain Imam Annawawi

Bahgat, Mohamed M., 2018, FIRST Framework. 5 Domains, 15 Principles, SeGa Group LLC,

Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI Daring https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Bahan Ajar Training Of Trainer (TOT) Implementasi Kurikulum 2013. Pendekatan Strategi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK, Jakarta: Kemendikbud,

---------------,2016, Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

--------------, 2016, Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

--------------, 2020, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2020 , Jakarta: Kemendikbud

--------------, Desain Induk Pendidikan Karakter 2010—2025

Maryama, Eva, 2016, Pengembangan Budaya Sekolah, Tarbawi, Vol. 2 No. 2

Muhab, Sukro., et al. 2017,Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: JSIT Indonesia

Mustofo, 2017, Budaya Sekolah Islam (BUSI) Studi Kasus di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11 Nomor 2.

Nashih Ulwan, Abdullah, 2018, Pendidikan anak dalam Islam, Sukoharjo: Insan Kamil

Nasution, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Omeri,Nopan, 2015, Pentingnya Pendidikan Karakter dalam dunia Pendidikan, Manajer Pendidikan, Vol.9 No.3

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 tertuang Profil Pelajar Pancasila

Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018 Nomor 37, tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Rukhyati, Evy, dan Ahmad Muflihin, 2019, Pengaruh Penerapan Kurikulum Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDIT Permata Bunda, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2 No.2

Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran, Depok : Rajawali Press Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta

Sofyan, dkk, 2018, Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya : Jakad Publishing

Syafaruddin, 2005, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Ciputat : Ciputat Press Jakarta

Tafsir, Ahmad, 2011, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya

Tim Pengembang Konten POP JSIT, 2020, Knowledge Book Desain Alur Pembelajaran ADLX dengan pendekatan Terpadu, Jakarta

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen Zaenab, 2017, Strategi Taktis Pendidikan Karakter, Jakarta : Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.