Kontrak Bisnis Islam Agensi Problem dan Teori Perusahaan Islami

Muslim Haris

Abstract


nasional, maupun internasional. Model transaksi-transaksi pasar juga semakin berkembang, di mana transaksi tersebut umumnya dituangkan dalam bentuk suatu dokumen kontrak. Tulisan ini mengkaji beberapa hal, pertama, menggambarkan prinsip-prinsip dasar syariah dan tinjauan fiqih muamalah tentang kontrak bisnis Islam, definisi, sifat, dan pemilihan terhadap persaingan ekonomi masa depan. Kedua, masalah sifat dan perlakuan khusus terhadap agen, karakteristik, dan relevansinya dengan berbagai jenis kontrak menurut Islam. Ketiga, mengkaji asal-usul teori perusahaan yang berakar pada kemampuannya sendiri berevolusi, dan sebagai contoh: pembagian hasil usaha atau manfaat yang diperoleh. Keempat, sifat alamiah dan karakteristik teori perusahaan Islam, dan kelima, kesimpulan dan saran-saran.

Kata kunci: kontrak bisnis Islam, perusahaan Islami, transaksi pasar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Ibnu. Rad al-Mukhtar ‘ala al-Ardh al-Mukhtaar, VI. Al-Qurthuby, bidayat Al Mujatahid wa nihayatu Muqtashid, II

Anson, Sir William Reynel. (1979). Anson’s Law of Contract. Edited by Anthony Gordon Guest, 25th (Centenary) Edition. Oxford: Clarendon Press.

Aryawan, Made Rawa. (2003). Azas Kebebasan Berkontrak Dalam Kaitannya Dengan Kewenangan Hakim untuk Menilai Eksistensi Kontrak. Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 1, No. 1.

Badrulzaman, Maryam Darus. (2001). Kompilasi Hukum Perikatan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Fuady, Munir. (1997). Hukum Bisnis Islam Dalam Teori dan Praktik. Buku ke-4. Bandung: Citra Aditya Bakti

Karim, Adiwarman A. (2004). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusli, Hardijan. (1996). Hukum Perjanjian Indonesia dan Common Law. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sabiq, Sayyid Said. (1981). Unsur-unsur Dinamika Dalam Islam (Anashirul Quwwah fil Islam). Diterjemahkan oleh Haryono S Yusuf. Jakarta: Intermasa.

Soekanto, Soerjono. (1980). Pokok-pokok Sosiologi Hukum. Jakarta: Rajawali Pers.

Subagyo, Felix S. (1993). Perkembangan Azas-azas Hukum Kontrak dalam Praktek Bisnis Selama 25 Tahun Terakhir. Makalah disampaikan dalam Pertemuan Ilmiah Perkembangan Hukum Kontrak Dalam Praktik Bisnis Indonesia. Jakarta 18-19 Februari 1993

Wiyono, Slamet. (2006). Cara Mudah Memahami Akuntansi Syariah Berdasarkan PSAK dan Papsi. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.