Islam di Spanyol: Suatu Tinjauan Historis

Mawardi Pewangi

Abstract


Sejarah kejayaan Islam terbesar sekaligus keruntuhan Islam terburuk sepanjang perkembangan Islam di dunia, terjadi di Andalusia -sekarang dikenal dengan nama Spanyol. Setelah kawasan ini betul-betul dapat dikuasai, umat Islam mulai memusatkan perhatiannya untuk menaklukkan Spanyol. Dengan demikian, Afrika Utara menjadi batu loncatan bagi kaum muslimin dalam penaklukan wilayah Spanyol. Gelombang kedua terbesar dari penyerbuan kaum muslimin yang geraknya dimulai pada permulaan abad ke-8 M ini, telah menjangkau seluruh Spanyol dan melebar jauh menjangkau Perancis Tengah dan bagian-bagian penting dari Italia. Kemenangan-kemenangan yang dicapai umat Islam tampak begitu mudah. Hal itu tidak dapat dipisahkan dari adanya faktor eksternal dan internal yang menguntungkan. Faktor eksternal adalah kondisi yang terdapat di dalam negeri Spanyol sendiri. Pada masa penaklukan Spanyol oleh orang-orang Islam, kondisi sosial politik dan ekonomi negeri ini berada dalam keadaan menyedihkan. Secara politik wilayah Spanyol terkoyak-koyak dan terbagi-bagi dalam beberapa negara kecil.

Kata kunci: Andalusia, Bani Umayyah, Penaklukan Spanyol


Full Text:

PDF

References


As-Siba’I, Mustafa. Peradaban Islam: Dulu, Kini dan Esok.

Beitter, Ursula E. (2007). Reflection on Europe in Transition. New York: Peter Lang Publishing

Khondakar and Golam Mowla. (2008). The Judgement Against Imperialism Fascisme and Racism Against Caliphate and Islam. Vol. 2. Autorhouse, Bloomington.

Silverstein, Adam J. (2010). Islamic History, a Very Short Introduction. New York: Oxford University press in corporation.

Watt, William Montgomery and Pierre Chacia. (2007). A History of Islamic Spain. New Jersey: Transaction Publisher

http://id.wikipedia.org/wiki/bani_umayyah, diakses pada 12 Oktober 2010

http://www.bbc.co.uk/religion/religions/islam/history/spain_1.shtml, diakses pada 12 Oktober 2010.

http://netsains.com/2010/01/jejak-islam-di-spanyol-i-mezquita-ada-gereja-di-dalam-masjid/ diakses pada 12 Oktober 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.