Kompetensi Guru Dalam Konteks Keprofesian Pendidikan Islam

Anwar Sadat

Abstract


Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan formal pada umumnya. Karena itu bagi siswa, guru sering dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identifikasi diri. Oleh sebab itu, guru seyogianya memiliki perilaku dan kemampuan yang memadai untuk mengembangkan siswanya secara utuh. Untuk melaksanakan tugasnya secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, guru perlu menguasai berbagai kompetensi (kemampuan). Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan.

Kata kunci: kompetensi guru, profesi guru, pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (1994). Pengelolaan Pengajaran. Cet. IV. Ujung Pandang: Bintang Selatan.

Ashari, Akyas. (1996). Psikologi Pendidikan. Cet I. Semarang: Toha Putra.

Darmadi, Hamid. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasi. Cet. I. Bandung: Alfabet

Departemen Agama RI. Alquran dan Terjemahnya

Getteng, Abdul Rahman. (2009). Menuju guru profesional dan beretika. Cet. II. Yogyakarta: Graha Guru

Hamalik, Omar. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara

Mappanganro, H. (2010). Pemilikan Kompetensi Guru. Makassar: Alauddin Press

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cet. III. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rokib, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Cet. I. Yogyakarta: PT LKS Printing Cemerlang

Sagala, Saiful. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Cet. II. Bandung: Alfa Beta.

Samana, A. (1994). Profesionalisme Keguruan. Cet I. Yogyakarta: Kanisius.

Sujana, Nana. (1995). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. III. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Undang-Undang Guru dan Dosen, UU RI Nomor 14 Tahun 2005

Usman, Moh. Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Ce. V. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijaya, Cece dan Rusyan, A Tabrani. (1994). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. III. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.