Sains di Masa Dinasti Umayya II di Spanyol (Andalusia)

Hj Maryam

Abstract


Penaklukan ke wilayah ini oleh Thariq bin Ziad pada tahun 710 M sepertinya tidak mendapat perlawanan yang berarti dari penguasa mereka karena secara politis kekuatan pemerintah mereka pada kondisi yang sangat lemah, di mana posisi  rakvatnya  sedang  bersebrangan dengan penguasanya. Sejak pertama kali berkembangnya kekuasaan dan kepemimpinan Islam di Spanyol , tampaknya  telah memainkan peranan yang sangat besar dalam membangun citra budaya dan peradaban kemanusiaan di wilayah ini.  Masa ini berlansung selama hampir delapan abad (711-1429)

Kata Kunci: Andalusia, Dinasti Umayya, Sains


Full Text:

PDF

References


Al-Badi’, Luthfi Abd. Al-Islam fi Isbaniya. Kairo: Maktabah Al-Nahdha Al-Mishriyah, 1969.

Fahri, Majid. Sejarah Filsafat Islam. Jakarta:Pustaka Jaya, 1986.

Hasan, Hasan Ibrahim. Tarikh al-Islam al-Sitasi wa al-Dini wa al-Tsaqafi wa al-Ijtima’I. Kairo: Maktabah Al-Nahdhah Al-Mishriyah , Tanpa Tahun.

Hitty, Philip K. The Arabs A Short History, diterjemahkan oleh Usuludin Hutagalung, dengan judul , Dunia Arab Sejarah Ringkas. Jakarta: Sumur Bandung, t.th.

Lewis, Bernard. Bangsa Arab Dalam Lintasan Historis, terjemahan Said Jamhuri. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya, 1988.

Rochym, Abdu. Sejarah Arsitektur Islam. Bandung : Angkasa, 1983.

Susanto, Musyrifah. Sejarah Islam Klasik,, Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Jakarta:Kencana, 2007.

Syalabi, Ahmad. Mausu’ah al-Tarikh al-Islami wa al-Hadharah al-Islamiyah. Kairo: Maktabah Al-Nahdhah Al-Mishriyah, 1979.

Al-Usairy, Ahmad. Tarikh al-Islam, diterjemahkan oleh H. Samson Rahman, dengan judul , Sejarah Islam. Jakarta: Akbar Media, 2010.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta : Rajawali, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.