Pluralitas Makhluk dan Keesaan Khaliq (Telaah Terhadap Konsepsi Para Sufi)

Muhamad Firdaus, Muhammad Amri, Mahmuddin Mahmuddin

Abstract


Pluralitas makhluk dan keesaan khalq adalah dua konsep yang sering dibahas dalam konteks pemahaman agama dan filsafat. Pluralitas makhluk merujuk pada keragaman dan keberagaman makhluk yang ada di dunia ini. keesaan khalq mengacu pada keyakinan akan keesaan Allah SWT sebagai pencipta segala makhluk. konsep pluralitas makhluk dan keesaan khalq sering digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai persatuan, toleransi, dan penghormatan terhadap keberagaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Konsep pluralitas makhluk dan keesaan khalq, (2) memparkan  Perdebatan dan kritik Konsep pluralitas makhluk dan keesaan khalq dan (3) Mendiskusikan Aplikasi Konsep pluralitas makhluk dan keesaan khalq dalam Praktik Keagamaan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menelaah sumber-sumber yang ada kaitannya dengan pluralitas makhluk dan keesaan khaliq. Adapun hasil dari penelitian adalah Pluralitas makhluk adalah sebuah kenyataan tentang adanya keragaman makhluk sebagai ciptaan Tuhan. Pluralitas dapat menciptakan kedinamisan juga potensi perbedaan-yang apabila tidak disikapi secara proporsionalakan memunculkan konflik yang dapat membawa korban, kerugian bahkan kehancuran. Pluralitas makhluk dan keesaan Khaliq membawa kesadaran bahwa eksistensi kehidupan yang plural ini berasal dari Tuhan.

Kata Kunci: Konsep pluralitas makhluk, Konsep keesaan khalq

Full Text:

PDF

References


Al-Attas, S. N. (1995). Prolegomena to the metaphysics of Islam: An exposition of the fundamental elements of the worldview of Islam. International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Al-Ghazali. (2011). The Alchemy of Happiness. Whitefish, MT: Kessinger Publishing.

Al-Ghazali. (1997). The Alchemy of Happiness. Islamic Book Trust.

Armstrong, K. (1993). A History of God. New York, NY: Alfred A. Knopf.

Chittick, W. C. (2019). The Heart of Islamic Philosophy. Oxford, UK: Oxford University Press.

Chittick, W. C. (2012). The Heart of Islamic Philosophy: The Quest for Self-Knowledge in the Teach

Chittick, W. C. (2013). The Sufi Doctrine of Rumi. World Wisdom, Inc.

Chittick, W. C. (1989). The Sufi Path of Knowledge: Ibn Al-Arabi's Metaphysics of Imagination. Albany, NY: State University of New York Press.

Esposito, J. L. (2003). The Oxford dictionary of Islam. Oxford University Press.

Harman, W. (2004). Pluralism and the Religions: The Theological and Political Dimensions. London: Routledge.

Hick, J. (1990). An Interpretation of Religion: Human Responses to the Transcendent. New Haven: Yale University Press.

Ibn Arabi. (1999). The Bezels of Wisdom. Paulist Press.

Ibn Arabi. (2002). Fusus al-Hikam. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Iqbal, M. (2008). The Reconstruction of Religious Thought in Islam. New Delhi: Oxford University Press.

Izutsu, T. (1983). Sufism and Taoism: A Comparative Study of Key Philosophical Concepts. Berkeley, CA: University of California Press.

Luthfiyah & Fitrah, M. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak

Nasr, S. H. (1981). Islamic Life and Thought. Albany, NY: State University of New York Press.

Nasr, S. H. (2006). Islamic philosophy from its origin to the present: Philosophy in the land of prophecy. State University of New York Press.

Nasr, S. H. (2010). Islamic views on the environment. In Oxford Handbook of Religion and Ecology. Oxford University Press.

Nasr, S. H. (1996). The Need for a Sacred Science. Albany: State University of New York Press.

Rahman, F. (1980). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. University of Chicago Press.

Ray, B. (1997). Religious Pluralism and the Christian Faith. Maryknoll, NY: Orbis Books.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zaidan, A. K. (2001). A Commentary on the Creed of Islam. World Wisdom, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.