ANALISIS PENGARUH MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA TERHADAP KUALITAS PENGETAHUAN MAHASISWA UNISMUH MAKASSAR

Penulis

  • Tri Ramadhani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hilmy Hafidah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursetyana Mashur Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Salsadila Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Isnaeny Latif Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/kaztjf86

Abstrak

The Merdeka Belajar Kampus Merdeka program, initiated by the Ministry of Education and Culture, promotes student independence in pursuing higher education. The implementation of this program in various universities includes adjustments to a more flexible curriculum. This research aims to examine the impact of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka program on improving the quality of student knowledge at the Universitas Muhammadiyah Makassar. This study used a quantitative approach with a survey method, involving students of the Universitas Muhammadiyah Makassar as respondents. The results of the questionnaires collected from 44 respondents showed a significant increase in students' knowledge and abilities. The majority of respondents (100%) agreed that this program contributed to the development of their skills and competencies, as well as training skills relevant to the world of work and career preparation in the future. Overall, this study concludes that participation in the Merdeka Belajar Kampus Merdeka program effectively improves the quality of student knowledge, both in their scientific disciplines and in other fields. This program also plays an important role in training practical skills and developing student competencies, preparing them to succeed in the world of work.

Keywords: Independent Campus, Knowledge Quality, Students, Unismuh Makassar.

 

References

Aini, Q., Budiarto, M., Putra, P. O. H., dan Santoso, N. P. L. (2021). Gamification-based the Kampus Merdeka learning in 4.0 era. IJJS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(1), 31.

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., dan Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka pasca pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863-5873.

Anggrawan, I. A., Herawati, B. C., ST, M., Suhendra, E., dan Soraya, S. (2023). Pendidikan Implementasi Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Anshori, A. F., dan Syam, S. (2021). Persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Biogenerasi, 6(2), 147-153.

Arisandi, D., Mutiara, M. W., dan Mawardi, V. C. (2022). Dampak kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang dan studi independen dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 174-181.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Falah, M. (2021). Digitalisasi pada program Kampus Merdeka untuk menjawab tantangan SDGs 2030. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(2), 87-94.

Faridatussalam, S. R., Abid, A. H., dan Hasan, N. (2023). Menumbuhkan jiwa wirausaha kalangan anak muda melalui program wirausaha merdeka. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 74-80.

Fauziah, Y., dan Vantissha, D. (2021). Pengaruh implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap mahasiswa di program studi sistem informasi fakultas ilmu komputer Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas, 8(2), 117-123.

Fuadi, T. M., dan Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana penerapan dan kendala yang dihadapi oleh perguruan tinggi swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603-614.

Hariyadi, H., Misnawati, M., dan Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan kemandirian belajar: Merdeka Belajar sebagai kunci sukses mahasiswa jarak jauh. Badan Penerbit Stiepari Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku pegangan mahasiswa program Kampus Mengajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dengan metode bimbingan berkelanjutan pada guru sekolah dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Mariati, M. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di perguruan tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1(1), 749-761.

Maulidina, A., Setiadi, D., dan Santoso, D. (2023). Analisis kebermanfaatan program Kampus Mengajar mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1613-1619.

Misnawati, M., dan Zuraini, Z. (2023). Dampak implementasi program pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Almuslim. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), 2702-2717.

Mustafidah, H., dan Suwarsito. (2020). Dasar-dasar metodologi penelitian (Edisi ke-1). UM Purwekerto Press.

Nuraeni, N. (2023). Analisis kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam filsafat. Journal Transformation of Mandalika, 4(7), 191-200.

Putra, B. A., Qomariyah, C. M., dan Aditya, C. (2021). Eksistensi dan implementasi program magang MBKM di Arwana Studio Engineering Consultant Malang. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (Ciastech), 1011-1016.

Rochana, R., Darajatun, R. M., dan Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh implementasi kebijakan Kampus Merdeka terhadap minat dan keterlibatan mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11-21.

Sandfreni, dan Perdana, M. R. (2021). Pengaruh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap mahasiswa pada prodi teknik informatika fakultas ilmu komputer Universitas Esa Unggul. Forum Ilmiah, 18(4), 661-675.

Saputra, R. R., Prasetyo, T. N., dan Suraji, A. (2021). Implementasi bentuk kegiatan pembelajaran penelitian dalam program MBKM di program studi teknik sipil Universitas Widyagama Malang. Seminar Nasional Hasil Riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Suprayitno, A., dan Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Taridala, S., dan Anwar, R. (2023). Transformasi edukasi: Mengoptimalisasi kinerja guru dan kualitas layanan melalui program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Referensi

Aini, Q., Budiarto, M., Putra, P. O. H., dan Santoso, N. P. L. 2021. Gamification- based The Kampus Merdeka Learning in 4.0 Era. IJJS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15 (1):31.

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., dan Zaqiah, Q. Y. 2022. Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka pasca pandemi COVID- 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4) : 5863-5873.

Anggrawan, I. A., Herawati, B. C., ST, M., Suhendra, E., dan Soraya, S. 2023. Pendidikan Implementasi Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Anshori, A. F., dan Syam, S. 2021. Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Biogenerasi, 6 (2): 147-153.

Arisandi, D., Mutiara, M. W., dan Mawardi, V. C. 2022. Dampak kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang dan studi independen dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 174-181.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Falah, M. 2021. Digitalisasi pada Program Kampus Merdeka untuk Menjawab Tantangan SDGs 2030. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2 (2): 87-94.

Faridatussalam, S. R., Abid, A. H., dan Hasan, N. 2023. Menumbuhkan jiwa wirausaha kalangan anak muda melalui program wirausaha merdeka. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 74-80.

Fauziah, Y., dan Vantissha, D. 2021. Pengaruh implementasi kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) terhadap mahasiswa di program studi sistem informasi fakultas ilmu komputer universitas esa unggul. Jurnal Abdimas, 8(2), 117-123.

Fuadi, T. M., dan Aswita, D. 2021. Merdeka belajar kampus merdeka (Mbkm): bagaimana penerapan dan kedala yang dihadapi oleh perguruan tinggi swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603-614.

Hariyadi, H., Misnawati, M., dan Yusrizal, Y. 2023. Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. Badan Penerbit Stiepari Press, 1-215.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Buku Pegangan Mahasiswa Program Kampus Mengajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Malyana, A. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia,2(1), 67–76.

Mariati, M. 2021. Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora 1(1),749-761.

Maulidina, A., Setiadi, D., dan Santoso, D. 2023. Analisis Kebermanfaatan Program Kampus Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1613-1619.

Misnawati, M., dan Zuraini, Z. 2023. Dampak Implementasi Program Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Almuslim. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5): 2702-2717.

Mustafidah, H. Dan Suwarsito. 2020. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Edisi ke-1. UM Purwekerto Press. Jalan KH. Ahmad Dahlan

Nuraeni, N. 2023. Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Filsafat. Journal Transformation of Mandalika, 4(7), 191-200.

Putra, B. A., Qomariyah, C. M., dan Aditya, C. 2021. Eksistensi Dan Implementasi Program Magang MBKM Di Arwana Studio Engineering Consultan Malang. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (Ciastech). 1011-1016.

Rochana, R., Darajatun, R. M., dan Ramdhany, M. A. 2021. Pengaruh implementasi kebijakan kampus merdeka terhadap minat dan keterlibatan mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11-21.

Sandfreni dan Perdana, M. R. 2021. Pengaruh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terhadap Mahasiswa pada Prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Forum Ilmiah, 18 (4) : 661-675.

Saputra, R. R., Prasetyo, T. N., dan Suraji, A. 2021. Implementasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Penelitian Dalam Program MBKM di Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang. Seminar Nasional Hasil Riset Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Suprayitno, A., dan Wahyudi, W. 2020. Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Taridala, S., dan Anwar, R. 2023. TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Diterbitkan

2025-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel