KAJIAN LITERASI KEWIRAUSAHAAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR BARU KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Nur Asni Aulia Jln. Sultan Alauddin 2
  • Muhammad Hasan Jln. Tala Salapang 1
  • Muhammad Dinar Jln. Mallangkeri 1
  • Muhammad Ihsan Said Ahmad Jln. Mallangkeri 1 Lorong 2
  • Tuti Supatminingsih Jln. Sultan Alauddin 2 Lorong 3

DOI:

https://doi.org/10.26618/jp.v8i1.5258

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui keberlanjutan usaha pedagang pakaian di pasar Baru Kabupaten Bantaeng, dengan memfokuskan kajian pada tiga variabel yakni literasi kewirausahaan, literasi digital dan keberlanjutan usaha pada 3 responden sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung pada objek penelitian. Kemudian hasil penelitian di kaji dengan teknik pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diatas diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa literasi kewirausahaan dan literasi digital pedagang pakaian di pasar Baru Kabupaten Bantaeng, dapat dikategorikan cukup baik untuk mendukung perkembangan pedagang pakaian tersebut. Hal ini disebabkan para pedagang punya pemahaman terhadap usaha yang didirikan, tidak pernah lalai dalam melaksanakan kewajiban serta hal-hal yang dapat mengganggu keberadaan usaha tersebut. Sedangkan keberlanjutan usaha menunjukkan bahwa usaha pedagang pakaian di psar Baru Kabupaten Bantaeng dapat dikategorikan cukup baik, karena bisa berkembang dengan baik.

 

Keywords : Literasi Usaha, Literasi Digital, Keberlanjutan Usaha

References

Sukirno, Sadono. 1994. Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hindle, K. (2007). Teaching entrepreneurship at university: From the wrong building to the right philosophy. In P. Greene and M. Rice (Eds.), Entrepreneurship Education. Cheltenham UK, Edward Elgar Publishing: 135-158.

Published

2021-06-29

Issue

Section

Artikel