EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 GOWA

Hajra Yansa

Abstract


ABSTRAK

 

           Jenis penelitian ini adalah  penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengacu pada tiga kriteria keefektifan pembelajaran yaitu hasil belajar matematika siswa tuntas dan meningkat, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe make a match. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol). Sampel penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Gowa sebanyak 31 orang sebagai kelas yang diterapkan model kooperatif tipe make a match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa melalui model kooperatif tipe make a match adalah 86,93%.  (2) Rata-rata persentase aktivitas siswa untuk setiap indikator mencapai kriteria efektif, yaitu 81,93%.(3) Angket respon siswa menunjukkan bahwa respon positif siswa terhadap model kooperatif tipe make a match  yaitu 90,83%, dan mencapai kriteria efektif. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa: (1) uji normalitas posttest dengan nilai Pvalue=0,07 > α =0,05 dan uji normalitas gain dengan nilai Pvalue=0,2 > α =0,05 berdistribusi normal. (2) Pengujian hipotesis terdiri dari (a) ketuntasan klasikal postest telah tercapai dengan  Zhitung =3,36> Ztabel= 1,645 maka Ho ditolak, (b) peningkatan hasil belajar matematika siswa sudah tercaoai dengan nilai pvalue = 0,000 <  α = 0,05 maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe make a match efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gowa.

 

 

Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Matematika,Model  Kooperatif  Tipe Make A Match


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Damopolii, M,D. 2015. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Data dari sekolah SMA Negeri 1 Gowa Kabupaten Gowa.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Gunawan, R,K. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Terbit Terang.

Hakim, T. 2000. Belajar secara efektif. Jakarta: Niaga Swadaya

Huda.M. 2013.Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Belajar

Ibrahim. 2015. Efektifita Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Setting Kooperatif Tipe tems games tournament (TGT) pada siswa kelas VIII MTs Guppi Samata. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Jusmawati. 2015. Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Tesis. Makassar: FMIPA UNM.

Kemdikbud. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online), kbbi.web.id, diakses 01 Juni 2017).

Kusuma, W, F. & Aisyah, N, M. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, (Online), Vol. X, No. 2. (http://journal.uny.ac.id diakses 07 Juni 2017)

Lembaga Studi dan Advokasi Mahasiswa. 2014. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), http://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/, di akses 07 Juni 2017).

Maharani, A, P. & Widhiasih, L,K,S. 2016. Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru Saat Pelajaran Bahasa Inggris DI SD Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati (Online). Vol. 05 No. 02 (http://lppm.unmas.ac.id. diakses 07 Juni 2017)

Mappeasse, M.Y. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik Smk Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, (Online), Volume 1, Nomor 2. (http://www.ft-unm.net. diakses 07 Juni 2017).

Mufidah, L. Effendi, D & Purnwanti. T, T. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. (Online). Vol.1, No.1 (http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id. diakses 07 Juni 2017).

Nurlaelah. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Prenadamedia Group.

Siregar, S. 2015. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning.Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Susanto,A. .2016. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Kencana.

Trianto. 2014.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Surabaya:Prenadamedia Grup.

Yusri. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Takalla Kabupaten Soppeng. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Zulhelmi. 2009. Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Sains Fisika melalui Penerapan Penemuan Terbimbing Di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains. (Online), Vol 3,No.2 (https://ejournal.unri.ac.id. diakses 07 Juni 2017)




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v3i1.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats