MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL PEMBELAJARAN MULTIBAHASA UNTUK KONSEP PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH SULAWESI

Muhammad Agung, Hesti Dwiyana Putri, Nurul Ainul

Abstract


Indonesia merupakan negara yang kaya bahasa daerah sebagai bagian dari warisan budaya dan intelektual bangsa, namun fenomena terancam punahnya bahasa daerah masih terjadi. Pada pulau Sulawesi, ada sebanyak dua bahasa daerah terancam punah yakni bahasa Konjo dan Ponasakan. Untuk mencegah punahnya bahasa daerah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk revitalisasi bahasa daerah melalui multimedia interaktif model pembelajaran multibahasa. Untuk tercapainya tujuan penelitian, digunakan pendekatan kualitatif guna pengumpulan, analisis, dan interpretasi data dengan metode pengembangan multimedia guna mengembangkan multimedia interaktif. Hasil studi ini akan berkontribusi secara teoretis dan praktis sebagai tambahan referensi maupun informasi bagi konsep revitalisasi bahasa daerah sekaligus mempertahankan bahasa daerah dari ancaman kepunahan dan tercipta aplikasi komputer yang mendukung ketersediaan pembelajaran bahasa daerah pada bidang pendidikan. Kesiapterapan studi ini didukung oleh adanya data mengenai bahasa Konjo dan Ponosokan berupa audio, transkrip bahasa dari artikel penelitian, lampiran audio artikel penelitian, kamus online, dan referensi buku mengenai pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi komputer dengan referensi buku tentang penerapan dan pengembangan model pembelajaran multibahasa yang dijadikan contoh untuk penyajian materi yang diadaptasi untuk disesuaikan dengan bahasa daerah. 

Full Text:

PDF

References


Badan Bahasa Kemdikbud. 2017. Data Per Wilayah. Diakses pada 28 Agustus 2019 dari http://118.98.223.79/petabahasa/index.php

Binanto, I. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Bin Tahir, S. Z. (2017). Multilingual Teaching and Learning at Pesantren Schools in Indonesia. Asian EFL Journal, 89, 74-94.

Crystal, D. 2000. Language Death. Cambridge: Cambridge University Press. 12.

Eberhard, David, M., Simons, G. F., dan Fennig, C. D. (eds.). 2019. Ethnologue: Languages of the world, Twenty-second. Dallas, Texas: SIL International. Versi daring: http://www.ethnologue.com

Gay, L. R, Mills, G, dan Airasian, P. 2006. Educational Research; Competencies for Analysis and Applications. Eight Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Gunawan. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. VOL 1. Nomor 1. Universitas Mataram.

Ismadi, D. H. 2019. Kebijakan Pelindungan Bahasa Daerah dalam Perubahan Kebudayaan Indonesia. Diakses dari http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/2542/kebijakan-pelindungan-bahasa-daerah-dalam-perubahan-kebudayaan-indonesia pada tanggal 16 Agustus 2019.

Kemendikbud. 2019. Peringatan Hari Bahasa Ibu 2019: Gelaran Tunas Bahasa Ingatkan Jaga Bahasa Daerah. Diakses pada 28 Agustus 2019 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/peringatan-hari-bahasa-ibu-2019-gelaran-tunas-bahasa-ingatkan-jaga-bahasa-daerah

Kemendikbud. 2018. Konservasi dan Revitalisasi, Komitmen Kemendikbud dalam Pelindungan Bahasa Daerah. Diakses pada 27 Agustus 2019 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/08/konservasi-dan-revitalisasi-komitmen-kemendikbud-dalam-pelindungan-bahasa-daerah

Lobel dan William, J. 2016. Notes from the Field: Ponosakan: The Sounds of a Silently Dying Language of Indonesia, with Supporting Audio. Language Documentation & Conservation. Vol. 10. No. 1 (September).

Lobel, Jason, Tona, I., Tawo, K., Harrison, K. D., Anderson, S. D. G., dan Daigneault, A. L. 2015. Ponosakan Talking Dictionary. Living Tongues Institute for Endangered Languages. Versi Daring: http://www.talkingdictionary.org/ponosakan

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta

Novrianti. 2018. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Mind Mapping dengan Aplikasi Macromedia Director MX 2004 pada Mata Pelajaran IPS untuk Kelas IX SMP. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. Vol. 6. No. 1.

Nafi’ah, U. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Interaktif Berbasis Macromedia Director MX. Jurnal Sejarah dan Budaya. Vol. 8. No. 2.

Saidna, Z., Tahir, B., Haryanto, A., Syarifuddin, D., dan Yulini, R. 2017. Multilingual Instructional Model of Pesantren Schools in Indonesia. Journal of Language Teaching and Research, 8 d (6), 1210-1216.

Tahir, B. Z. S., Atmowardoyo, H. Dollah, S. 2018. Belajar Berbicara Multibahasa untuk Santri Pesantren. Yogyakarta: Deepublish. Tanah Konjo, Konjo Bulukumba. Diakses dari https://mediakonjo.net




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i2.8971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats