PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MEDIA PERMAINAN LUDO

Vebri Yanti Van Gobel, Prilia Rista Sindi Sumampow, Wiwin Istifarianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas IX Paket B dengan media permainan ludo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus, yang sebelumnya dilakukan pra siklus terlebih dulu untuk mengobservasi proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Satu siklus yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran, diperoleh bahwa aktivitas peneliti dan dan peserta didik mengalami peningkatan. Aktivitas peneliti dari 70,14% menjadi 79,86% serta aktivitas peserta didik dari 60,41% pada kegiatan pra siklus menjadi 81,93%. Hasil dari pra siklus menunjukkan nilai rata-rata pemahaman peserta didik sebesar 57,8 yakni di bawah KKM 70, setelah dilakukan tindakan siklus I menggunakan media permainan ludo, mengalami peningkatan menjadi 82,0 dengan ketuntasan peserta didik 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar PKn peserta didik dengan menggunakan media permainan ludo, sehingga media permainan tersebut dinilai cukup efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran PKn khususnya.

Full Text:

PDF

References


Anastasya, V. E., Ristiyani, Fajrie, N.

(2021). Permainan Ludo

Sebagai Upaya Meningkatkan

kemampuan Berpikir Kreatif

Siswa Sekolah Dasar. WASIS:

Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1),

-14. DOI:

https://doi.org/10.24176/wasis.

v2i1.5018

Anggraeni, N. (2019). Pengaruh

Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Teams Games

Tournament Berbantuan Ludo

Terhadap Motivasi Belajar

Matematika Siswa (Studi

Eksperimen di Kelas VII SMP

Negeri 1 Lemahabang

Cirebon). PEDIAMATIKA:

Journal of Mathematical

Science and Mathematics Education, 1(1), 165-178. URL:

http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/i

ndex.php/pmat

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan

Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Education and Development

Institut Pendidikan Tapanuli

Selatan, 8(2), 468-470. URL: https://journal.ipts.ac.id/index.

php/ED/article/view/1758

Daswati, Y. (2015). Peningkatan

Hasil Belajar Siswa Kelas IX.4

SMPN 10 Palembang Melalui

Penerapan Value Clarification

Technique dalam Pembelajaran

PKn. Jurnal Bhinneka Tunggal

Ika, 2(2), 109-118. DOI:

https://doi.org/10.36706/jbti.v2

i2.4580

Duarmas, Y. E., Batkunde, Y.,

Bacori, Z. (2022). Penggunaan

Media Permainan Ludo Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa. Mandalika Mathematics and Education

Journal, 4(1), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jm.v

il.3236

G.

A. R. dan Adinata T. P. (2020).

Peningkatan Hasil Belajar Pkn

Melalui Model Pembelajaran

Berbasis Masalah Peserta didik

Kelas VII di SMP Negeri 3 Negara. Jurnal Cendekia, 1(1),

-58.

http://jurnal.icjambi.id/index.p

hp/jbic

Kesuma, M. D. H. (2013).

Peningkatan Aktivitas dan

Hasil Belajar Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Student Teams

Achievement Division dengan

Metode Ekperimen. Jurnal

Pendidikan Fisika, 2(2), 1-8.

DOI:

https://doi.org/10.22611/jpf.v2i

3472

Maria, S. Saputri, D. F., Sukadi, E.

(2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Permainan Ludo

untuk Meningkatkan Minat

Belajar Fsiika Peserta Didik di

Kelas VIII SMP Negeri 13

Pontianak. Jurnal Pendidikan

Sains dan Aplikasinya (JPSA),

(1), 30-35.

https://ikippgriptk.ac.id/index.p

hp/JPSA/index

Maulid. (2021). Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Siswa

Kelas VII Melalui Metode

Guided Discovery Learning.

DIDAKTIKA: Jurnal

Pemikiran Pendidikan, 27(2),

-127. DOI:

https://dx.doi.org/10.30587/did

aktika.v27i2.2259

Rauzana, N. (2021). Penggunaan

Media Permainan Ludo Smart

Pada Pelajaran Matematika

Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas II MIS

Lamgugob. (Skripsi).

Universitas Islam Negeri ArRaniry, Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i2.8970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats