PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PANGKEP

Nurwafid Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning(PBL) pada materi puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan padapenelitian ini, meliputi observasi awal, perencanaan, melakukan pre-test, melakukan eksperimen,melakukan post-test, dan melakukan analisis data penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Pangkep sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner (angket) dan observasi. Adapun teknik analisisdata dalam penelitian ini adalah menggunakan teks analisis deskriptif dan analisis statistikinferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada kelaseksperimen tergolong “tinggi” dengan persentase 61,11 %. Sedangkan hasil belajar bahasaIndonesia siswa pada kelas kontrol tergolong “sedang” dengan persentase 63,88 %. Hasilperhitungan uji T yaitu Thitung = 195,5 < Ttabel = 2,032, hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak danH1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan modelpembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa SMK Negeri 2Pangkep. 

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hal.1.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aulia Mukhayyarroh, Isna & Arief, Sandy. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. EEAJ. (Online) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj(diakses 5 Februari 2021).

Ayu Setyowati, Dinda. (2019). Keefektifan Keterampilan Menulis Teks Biografi dengan Menggunakan Model Proyek Berbasis Pembelajaran dan Penemuan Media Video Animasi Grafis Motion Pada Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Semarang: Jurnal EPrints.(Online). http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33766 (diakses 6 Februari 2021).

Dahar, Ratna Wilis. (2011). TeoriTeori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darmansyah. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNP.

Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, Muhammad. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Hardini, Isriani. (2015).Strategi Pembelajaran Terpadu. Jogjakarta: Familia.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali. Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noviarda, Y., & Haryanto. (2016). Pengaruh Metode PBL dan Metode expository Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasi, 4 (1), 11.http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe (diakses 16 April 2021)

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berstandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sopiatul, Janah. (2018). Pegaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Parole, 1(4), Juli: 637-644. (Online) http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i4p637-644.1261 (diakses 4 Februari 2021).

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujinah. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Covid-19. Jurnal. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Surabaya.Online. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/index (diakses 16 April 2021).

Suparno. (2007). Metodologi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata.

Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syam, Andi Nurannisa. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar. Makassar. Online. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/7671 (diakses 5 Februari 2021).

Thobron, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstial. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.7604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats