PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PANGKEP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hal.1.
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aulia Mukhayyarroh, Isna & Arief, Sandy. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. EEAJ. (Online) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj(diakses 5 Februari 2021).
Ayu Setyowati, Dinda. (2019). Keefektifan Keterampilan Menulis Teks Biografi dengan Menggunakan Model Proyek Berbasis Pembelajaran dan Penemuan Media Video Animasi Grafis Motion Pada Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Semarang: Jurnal EPrints.(Online). http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33766 (diakses 6 Februari 2021).
Dahar, Ratna Wilis. (2011). TeoriTeori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Darmansyah. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNP.
Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman, Muhammad. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Hardini, Isriani. (2015).Strategi Pembelajaran Terpadu. Jogjakarta: Familia.
Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali. Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noviarda, Y., & Haryanto. (2016). Pengaruh Metode PBL dan Metode expository Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasi, 4 (1), 11.http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe (diakses 16 April 2021)
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berstandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sopiatul, Janah. (2018). Pegaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Parole, 1(4), Juli: 637-644. (Online) http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i4p637-644.1261 (diakses 4 Februari 2021).
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujinah. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Covid-19. Jurnal. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Surabaya.Online. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/index (diakses 16 April 2021).
Suparno. (2007). Metodologi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata.
Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syam, Andi Nurannisa. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar. Makassar. Online. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/7671 (diakses 5 Februari 2021).
Thobron, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstial. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.7604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats