PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)

Kartini Kartini

Abstract


Pemerintah Indonesia telah mengamanhkan untuk menerapkan kurikulum 2013 pada setiap satuanpendidikan sejak tahun pembelajaran 2013/2014. Salah satu mata pelajaran wajib di SekolahMenengah Pertama (SMP) adalah IPA, salah satu materi pokok yang sering sulit dipahami siswaadalah getaran, gelombang dan bunyi. Untuk itu penulis berusaha mencari jalan keluar denganmelaksanakan penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran Problem BasedInstruction (PBI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 PallanggaKabupaten Gowa dalam pembelajaran IPA materi pokok getaran, gelombang dan bunyi melaluipenerapan model pembelajaranProblem Based Instruction(PBI). Hasil penelitian menunjukkanterjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction(PBI) dengan rincian (i) Hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowapada siklus I (Tindakan I dan Tindakan II), masuk dalam kategori tinggi dengan jumlah nilai ratarata 69,00 sedangkan pada siklus II (Tindakan I dan Tindakan II), mengalami kemajuan dengankategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 79,10 (ii) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelasVIII C SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa melalui penerapan metode Problem BasedInstruction (PBI), baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel danpenjelasan pada lampiran, pada siklus I dan siklus II setiap tindakan mulai dari tindakan I sampaitindakan II. Model pembelajaran ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran khususnyapada mata pelajaran IPA materi pokok getaran, gelombang dan bunyi, karena dapat meningkatkanhasil belajar siswa baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah maupun berusahanmemberikan kesempatan kepada siswa untuk selalu mencoba bereksperimen dalam setiap kegiatanbelajarnya sehingga dapat memotivasi siswa untuk meraih prestasi yang maksimal.

Full Text:

Remote PDF

References


Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian “Suatu Pendekatan Praktik”. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.7601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats