PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V-A SDN MANNURUKI MAKASSAR
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan secara sistematis dan terencana untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dan mampu mengembangkan potensi dalam dirinya secara aktif supaya memiliki pengendalian diri, kecerdasan keterampilan dan berakhlak mulia. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V-A SDN Mannuruki Makassar bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Mannuruki Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pnelitian pre-eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A Sekolah Dasar Mannuruki Makassar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal uraian dan observasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu pada tes pertama dilakukan sebelum diterapkan metode pembelajaran picture and picture dan tes kedua yang dilakukan setelah diterapkannya metode pembelajaran picture and picture. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SDN Mannuruki kecamatan Tamalate kelurahan Mangasa kota Makassar yang akan dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2015. Teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif. Pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V-A SDN Mannuruki Makassar. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas V-A SDN Mannuruki Makassar kelas V-A dengan menggunakan metode caramah tergolong belum tuntas ( rata- rata skor 40), sedangkan dengan menggunakan metode kooperatif tipe picture and picture tergolong tuntas (rata- rata skor 68). Dari hasil inilah dapat dilihat perbedaan antara metode ceramah yang diterapkan disekolah- sekolah dan metode picture and picture.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis, Praktis bagi Mahasiswa. Jakarta: PT. Bumi
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rodakarya
Jacobsen, A. David. 2009. Methods for Teaching Edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nurhayati, Anissa. 2013. Tak Sulit Belajar Matematika. Bandung: CV. Media Sarana Cerdas
Riyanto. 2013. Model-Pembelajaran-Kooperatif-Tipe-Picture-To-Picture. (https://zaifbio.wordpress.com/2013/04/05/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-picture-to-picture/.) Di
akses pada tanggal 05 Maret 2015 pukul 13:58 WITA.
Safnowandi. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif. (https://safnowandi.wordpress.com) Diakses pada tanggal 04 Maret 2015 pukul 20:45 WITA.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v2i2.741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats