BUDI KARSA: GLASS INTERFACE HOLOGRAM SEBAGAI MEDIA AJAR BAGI PENYANDANG DISLEKSIA DALAM MENYONGSONG SDGS 2030

Nurfadillah Nurfadillah, Sukma Nurmaula, Nuramanah Nuramanah

Abstract


SDGs 2030 atau Sustainable Development Goals 2030 terus menjadi acuan visi dan misi untuk menjadi tolak ukur pembangunan yang berkelanjutan. Permasalahan disleksia juga masih menjadi hal yang perlu diutamakan di bidang pendidikan sebab anak disleksia sangat sulit untuk dibedakan secara fisik akibat adanya kesamaan dengan bentuk badan anak normal pada umumnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep dari Budi Karsa serta manfaat Budi Karsa sebagai media ajar bagi penyandang disleksia. Penelitian ini juga sesuai dengan program pemerintah yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Terkhusus pada poin 4 yaitu pendidikan berkualitas (Quality Education). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian masalah pendidikan bagi penyandang disleksia di Indonesia. Data yang digunakan bersumber dari studi kepustakaan dan internet searching. Data yang dikumpulkan kemuadian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Budi Karsa dirancang untuk memudahkan anak penyandang disleksia dalam mengingat huruf dengan mudah menggunakan bantuan hologram sebagai media 3D. Budi Karsa juga bekerja sama dengan berbagai pihak yaitu pemerintah daerah, direktorat jendral pendidikan, kementrian kesehatan, serta kepala sekolah yang bertugas untuk mendayagunakan segala sumber yang tersedia agar mampu mencapai tujuan sekolah secara efektif. Budi Karsa diharapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat khususnya untuk anak penyandang disleksia karena apliksi Budi Karsa memungkinkan anak penyandang disleksia bisa bermain sambil belajar serta mampu mengingat setiap abjad dengan mudah kedepannya.

 


Full Text:

PDF PDF

References


Gusdwisari, B. 2020. Digital Skill Education Concept, Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda dan Mengurangi Tingkat Pengangguran Menuju SDGs 2030. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 10 Januari 2020, Palembang, Indonesia. Pp.216-223.

Juliansyah, A., Nurasiah, I., dan Wardana, A.E., Sumiarsa, D., dan Sukardi, A. 2018. Komunikasi Instruksional pada Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 6(3):123-124.

Nur, M., Yuanita., dan Suyidno. 2016. Strategi Pembelajaran Kreatif Berbasis Sains Membangun Kreativitas Ilmiah dan Tanggung Jawab Generasi Emas Indonesia. Edisi Ke-1. Unesa University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Sari, M. R., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Digitalisasi Media Objek 3 Dimensi Kabel Fiber Opticberbantuan Piramida Hologram Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 366-376.

Widodo, A., Indrawati, D., dan Royana, A. 2020. Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra. 11(1): 4-6.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i2.6701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats