PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO KARAKTER DENGAN TEKNIK SHADOW TEACHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK AUTISME PADA MATERI OPERASI HITUNG DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Nurfadillah Nurfadillah, Didin Ferdiansyah, Fatahullah Fatahullah

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa autis pada materi operasi hitung dengan teknik shadow teacher menggunakan media pembelajaran domino karakter. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan belajar guru di sekolah dan orangtua terhadap siswa autis memiliki perbedaan. Persentase aktivitas belajar siswa autis dari rumah pada siklus III sebesar 79,56%, sedangkan di sekolah diperoleh persentase sebesar 85,45%.  Keberhasilan dalam meningkatkan aktivitas belajar dalam proses belajar mengajar dapat menjadi faktor meningkatnya hasil belajar siswa autis. Dengan keterlibatan orangtua dalam proses pendampingan juga dapat menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan belajar siswa autis. Hal itu dapat dibuktikan dengan temuan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa persentase hasil belajar siswa autis dari rumah diperoleh sebesar 89,26%, sedangkan hasil belajar siswa autis dari sekolah menunjukkan persentase sebesar 87,16%. Data tersebut memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Oleh karena itu, dengan metode pendampingan menggunakan domino karakter dalam proses belajar siswa autis dapat menjadi teknik yang baik di pemberlakuan jarak jauh dengan melibatkan peran orangtua sebagai guru pendamping.

Full Text:

PDF

References


Handayani, D. et al. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirasi Indonesia.4(2): 119-129. https://jurnlrespirologi.org./index.php/jri/article/view/101/110.

Kusmiyati, S. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Metode Ta'birussurah Pada Siswa Kelas Iv Mi Darul Ulum Sugihan Kec. Tengaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA.

Mayyustita, E. N., & Ainin, I. K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Kesulitan Belajar Dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2)

Risalah, A., dkk. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring bagi Guru dan Siswa). 1(1):10-16.

Jaatshiah, A. T. 2021. Pembelajaran Jarak Jauh bagi Anak Hambatan Intelektual pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL ORTOPEDAGOGIA:. 7(1):29-33.

Subarto. 2020. Momentum Kleuarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan. 4(1):13-18.

Supryadi, dkk. 2021. Analisis Kebutuhan dan Masalah Pembelajaran Jarak Jauh pada Anak Berkebutuhan Khsusu di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BASICEDU. 5(3):1667-1672.

Syarifudin, M. T., & Lestari, P. 2021. Penerapan Model Tournament Teams Strategy (TTSt): Alternatif Inovasi Pembelajaran Secara Online. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 1-14.

Tanduklangi, A & Amri, C. 2019. Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. DeePublish: Yogyakarta.

Wardany, O. F & Sani, Y. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei terhadap Orangtua dan Guru di Lampung). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus). 16(2):48-64..




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i2.6684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats