WATEWOR.COM : WANKID TEMPE WORLDWIDE (MONITORING KETERSEDIAAN FAKTOR PRODUKSI TEMPE WANASABA KIDUL BERBASIS APLIKASI GUNA MENUJU PEREKONOMIAN YANG PRODUKTIF, KOMPETITIF DAN INKLUSIF)

Badilah Bin Rawin, Mudrikah Mudrikah, Siti Julaeha

Abstract


Angka konsumsi tempe rata rata masyarakat indonesia perminggu sebesar 0,146 kg. Sementara jumlah para pengerajin tempe di Indonesia terdapat sekitar 81 ribu usaha pembuat tempe yang memproduksi 2,4 juta ton tempe pertahun. Industri tempe ini mampu memberikan nilai positif bagi perekonomian rakyat. Namun, akhir- akhir ini, para pengerajin tempe di Desa Wanasaba Kidul mengalami penurunan jumlah produksi dan juga banyak yang berhenti berproduksi. Banyaknya jumlah produksi tempe wanasaba kidul berdasarkan penelitian internal UKM Penalaran dan keilmuan dipengaruhi oleh faktor industri baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan solusi atas permasalahan factor-factor yang mempengaruhi produksi tempe  di desa wanasaba kidul. 2) Untuk mengetahui Apakah watewor.com dapat membantu memonitoring ketersediaan factor produksi tempe di desa wanasaba kidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengikuti prosedur yang dikemukakan Roiser dan Molenda (Tegeh dan Kirna : 2013) yaitu model ADDIE yang terdiri atas lima langkah, diantaranya: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), Pengembangan (Develop). Implementasi (Implement) dan evaluasi (evaluate). Tetapi pada penelitian ini, peneliti baru melaksanakan tiga tahap yaitu ADD : Analyze, design dan develop. Hasil yang diperoleh dari rancangan penelitian ini adalah Aplikasi watewor.com dapat menjadi inovasi untuk Pengontrolan dan pengelolaan factor produksi bagi pengerajin tempe, agar tidak terjadi kelangkaan factor produksi yang dapat menghambat produksi.


Full Text:

PDF

References


Atmaja, Lukas setia. 2003. Manajemen Keuangan edisi revisi. Yogyakarta: Andi

Atmaja, Lukas setia. 2008. Teori dan praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Penerbit Andi

BPS. 2000. Industri besar dan sedang. Tersedia di https://www.bps.go.id/subject/9/in dustri-besar-dan-sedang.html diakses pada tanggal 20 september 2020.

BPS. 2019. Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2018 dapat diakses di https://www.bps.go.id/statictable/2014/09/08/950/rata-rata-konsumsi- per-kapita-seminggu-beberapa- macam-bahan-makanan-penting- 2007-2018.html pada 19 September 2020.

BSN. 2012. Tempe Persembahan indonesia untuk dunia. Diakses di https://www.bsn.go.id/uploads/do wnload/Booklet_tempe-

printed21.pdf pada tanggal 20 September 2020.

Feriyanto, Nur. 2014. Ekonomi sumber daya manusia dalam perspektif Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YPKN.

Greenberg, Paul. 2010. “CRM at The Speed Of Light: Social CRM 2.0 Strategies, Tools, and Techniques for Engaging Your Customers”. New York: McGraw Hill.

Hanggana,Sri.2006. Prinsip Dasar Akuntansi Biaya. Mediatama. Surakarta.

Iskandar. 2008. Metodologi penelitian pendidikan dan social (kuantitatif dan kualitatif). Jakarta: GP Press




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i2.4671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats