RAMENG: HOLOGRAM DONGENG 3S SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENANAMAN NILAI-NILAI BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SD DALAM MEWUJUDKAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Dirgahayu Dirghayu, Marlika Marlika, Hesti Dwiana Putri

Abstract


Budaya di Indonesia memiliki kekhasan dan karakteristik masing-masing. Hal ini dibuktikan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan bahwa jumlah suku di Indonesia terdata sebanyak 1.128 suku bangsa dengan komposisi 1.072 etnik dan sub etnik di Indonesia. Suku Bugis merupakan salah satu Suku dengan kebudayaan yang bisa menunjang karakter anak, namun kebuduyaan tersebut sudah jarang diterapkan oleh anak-anak zaman sekarang, sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran inovatif yang dapat memperkenalkan kembali kebudayaan tersebut. Maka penulis kemudian menawarkan sebuah solusi yang disusun dalam bentuk karya tulis ilmiah dengan judul Rameng: Hologram Dongeng 3S Sebagai Media Pembelajaran Penanaman Nilai-nilai Budaya pada Siswa Kelas IV SD dalam Mewujudkan Revolusi Industri 4.0. Teknologi hologram merupakan bentuk lanjutan dari fotografi yang memungkinkan gambar terekam dalam tiga dimensi berbalik dari gambar 3D dan realitas virtual pada layar computer 2D. Metode yang digunakan dalam karya tulis ilmiah ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan review literature menggunakan data sekunder dengan teknik analisis data yang digunakan analisis interactive yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hologram dongeng merupakan sebuah media penanaman nilai-nilai budaya pada siswa kelas IV SD. Adapun Hologram dongeng yang akan diputar yaitu video kartun menarik yang mengandung nilai-nilai budaya bugis. Hal yang terpenting yang harus diperhatikan dalam hologram dongeng ini yaitu pemilahan video yang mencermikan budaya bugis sipakalebbi (saling menghargai), sipakainge (saling mengingatkan) dan sipakatau (tidak membeda-bedakan) dengan gambar kartun yang menarik dan penggunaan kata-kata dalam video tersebut juga dapat mudah dipahami oleh anak. Hologram ini dalam bentuk 2D dan  terbuat dari kaca dan kardus serta menggunakan alat bantu hp yang akan berisi video yang akan muncul dari dalam hologram. Potensi kelanjutan karya ini yaitu dapat menanamkan nilai-nilai budaya bugis sipakalebbi, sipakainge, dan sipakatau.


Full Text:

PDF

References


Abdul, dkk. 2016. 3D Hologram Sebagai Media Interaktif Pengenalan Hewan Purbakala Dinosaurus. Barakala Fisika. Kudus: Universitas Muhammadiyah Kudus

Abdullah, Edi. 2015. Falsafah Hidup Orang Bugis Makassar yang Sarat Nilai-nilai Pembelajaran. (Online) http://www.Kompasiana.com. Diakses pada Tanggal 7 Maret 2017 Pukul 20:13 WITA.

Ahyani, Latifah Nur. 2010. Metode Dongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Psikologi.Kudus: Universitas Muria Kudus.Volume I, No 1

Arifah, M. Azam, K. Sofjan Firdausi. 2007. Pembuatan Hologram Refleksi. Semarang: Universitas diponegoro Vol 10, No.3

Arini Widiastuti. 2013. Teknologi Hologram. Studi Futuristik. (Online) http://studifuturistik2013.files.com. Diakses pada tanggal 06 oktober 2019 pukul 03: 48 WITA.

Fatimah. 2015. Pendidikan Dalam Revolusi 4.0. Yogyarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Hafizah. 2013. Sistematika Penulisan karya Tulis Ilmiah. Jogjakarta: PT. Tigakarsa educational.

Herawati, Try Ratna. 2015. Penanaman Budi Pekerti bagi Anak Taman Kanak-Kanak melalui Pembelajaran Mendongeng. Artikel penelitian. (Online) https://www.google.com. Diakses pada Tanggal 06 oktober 2019 pukul 02:50 WITA

Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L & Lowrance. (2004). The effects of storytelling and storyreading on the oral language complexity and story comprehension of young children.Early childhood education journal, 32 (3). Springer Science Business Media, Inc

Kemdiknas, 2012. Pedoman Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. Jakarta: kementrian pendidikan Nasional.

Kemdiknas, 2012. Pedoman Pendidikankarakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: kementrian pendidikan nasional.

Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sandi, Salere. 2016. Aktualisasi Papasseng To Riolo Sipa’3 (Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainge) di Pasar Tradisional Sulawesi Selatan. (Online) http://immajfeuh.org. Diakses pada tanggal 06 oktober 2019 pukul 23:14 WITA.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Twenty five edition. Bandung: alfabeta publishing.

Sukartono.2019. Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan di Indonesia. Makalah.Surakarta: Universitas Muhammadiyah surakarta

Siaran Pers.2018. Bonus Demografi 2030-2040 Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. (Online). www.Bappenas.com. Diakses pada tanggal 07oktober 2019 pukul 19.30 WITA

Tribun-Timur. 2016. Tawuran. (Online) http://makassar.tribunnews.com. Diakses pada tanggal 08 maret 2017 pukul 09.34 WITA.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i1.3335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats