KA-001 BERBASIS WINDSOCK DAN ANEMOMETER SEBAGAI PENDETEKSI CUACA UNTUK ANTISIPASI PENURUNAN PANEN UDANG DI DESA KEDUNG PANDAN SIDOARJO

Kirtiana Ba’yanur Hudaniah

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi ekspor udang terbesar di ASEAN, Namun perubahan cuaca di Indonesia yang diakibatkan oleh perubahan iklim yang tidak menentu memberikan pengaruh negatif terhadap sektor budidaya udang (Aldrian, 2011). Sektor budidaya udang yang terletak di desa Kedung Pandan, kecamatan Jabon kabupaten Sidoarjo. Adanya perubahan cuaca yang tidak dapat diperkirakan dapat mengakibatkan penurunan produktivitas panen udang. Umumnya, perubahan cuaca yang sering terjadi dikarenakan tidak menentunya arah angin yang mengakibatkan meningkatnya curah hujan sehingga terjadi banjir. Hal tersebut mengakibatkan petambak menanggulangi dengan cara menyiapkan tanggul saat musim hujan. Kinerja dalam mengantisipasi perubahan cuaca tersebut dianggap kurang efisien sehingga penulis mengusulkan inovasi “KA-001 berbasis Windsock dan Anemometer sebagai Pendeteksi Cuaca untuk Antisipasi Penurunan Panen Udang”. KA-001 merupakan serangkaian alat dai mikrokontroller, windsock, dan anemometer yang didesain seperti Kincir Angin pertama (KA-001). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi literature. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui cara kerja KA-OO1 sebagai pendeteksi cuaca, mengetahui analisis alat tersebut. KA-001 ini menggunakan alat yang dirancang dengan bantuan mikrokontroller dan beberapa sensor sebagai pendeteksi cuaca. Hasil olahan data mikrokontroller tersebut diintegrasikan dengan user interface guna memberikan informasi mengenai cuaca yang akan datang sehingga petambak dapat melakukan tindakan preventif untuk menyelamatkan tambak udangnya.


Full Text:

PDF

References


Anwar, N. (2009). Analisis Respon Produksi, Permintaan Domestik, dan Penawaran Ekspor Udang Indonesia. Bogor: Departemen Ilmu Ekonomi Fakulatas Ekonomi dan Manajemen IPB.

Banodin, R. (2011). Alat Penunjuk Arah Angin dan Pengukur Kecepatan Angin Berbasis Mikrokontroller AT89C51. Semarang: Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Barokah, U. (2010). Strategi Pengembangan Perikanan Tambak Sebagai Sub Sektor Unggulan Di Kabupaten Sidoarjo.

Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo. (2016). Sidoarjo Dalam Angka 2015. Sidoarjo: Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo.

Furter, J., & Hauser, P. (2018). Interactive control of purpose built analytical instruments with forth on microcontrollers - A tutorial. Basel: Analytica Chimica Acta.

HW group. (2019). SMS-GW3: a gateway for sending SMS messages from HWg devices., from HW group: https://www.hwgroup.com/accessory/sms-gw3.Retrieved September 16, 2019.

Lindawati, & Kurniasari, N. (2014). Persepsi Pelaku Usaha Tambak Terhadap Penanggulangan Bencana Banjir Di Pantai Utara Jawa Barat. Buletin Riset Sosek Kelautan dan Perikanan, 59-64.

Pangestu, Y. C., Sonjaya, E., Sugihantoro, D., & Mangestiyono, W. (2014). Rancang Bangun Anemometer Mangkok Dengan Uji Laboratorium Dan Lapangan ( Design Cup Anemometer With Laboratory And Field ). Semarang: Universitas Diponegoro.

Reverter, F. (2018). Interfacing sensors to microcontrollers. Smart Sensors and MEMs, 23-55.

Nurhalimah. (2015). Upaya Dinas Kebudayaan Rosalina, M. (2015, March 18). Anemometer.,from Memanfaatkan Perkembangan Teknologi dengan Baik: https://keterampilanmeita.wordpress.com/category/anemometer/. Retrieved September 15, 2019.

Supriyati, Meliza, & Aniek. (2017). Industrialisasi Pertambakkan Kabupaten Sidoarjo Sebagai Upaya Peningkatan Kemakmuran Masyarakat. Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 26-32.

Wicaksono, G. (2016). Rancang Bangun Alat Pengukur Arah dan Kecepatan Angin. Surabaya: Universitas Airlangga.

Wirjohamidjojo, S., & Swarinoto, Y. S. (2013). Meteorologi Sinoptik Analisis Dan Penaksiran Hasil Analisis Cuaca Sinoptik. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Yanti, N., Yulkifli, & Kamus, Z. (2015). Pembuatan Alat Ukur Kelajuan Angin Menggunakan Sensor Optocoupler Dengan Display Pc. Sainstek, 95-108.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i1.3321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats