PENGARUH MEDIA KOMIK SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD INPRES JATIA KABUPATEN BANTAENG

HUSNUL KHATIMAH

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru selama ini masih dilakukan oleh pendidik khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga media memiliki peranan yang sangat penting. Anak mengenal dan menyukai sesuatu hal berawal dari apa yang mereka lihat dan apa yang mereka dengar dari sekeliling mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik sejarah terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu One Shot Case Study dengan memberikan perlakuan terlebih dahulu kepada subjek penelitian kemudian diobservasi dalam hal ini motivasi belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media komik sejarah dengan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng dengan hasil analisis korelasi Pearson Product Moment diperoleh yaitu sebesar 0,62 yang memiki tingkat pengaruh yang kuat. Koefisien determinasi yaitu = 0,3844 atau 38,44% yang berarti pengaruh media komik sejarah terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng sebesar 38,44% sedangkan selisinya 61,56% ditemukan diluar variabel media komik sejarah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD Inpres Jatia mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh media pembelajaran yakni media komik sejarah.


Full Text:

PDF

References


Ariefyanto, M. I. (2013) .Komik sebagai Media Pembelajaran Sejarah.(online). http://m.republika.co.id/berita/gaya-hidup-/kuliner/15/09/03/jurnalismewarga/wacana/13/03/16/mjqeru-komik-sebagai-mediapembelajaran-sejarah. Diakses pada tanggal 25 Januari 2018, pukul 14:45 Wita.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Latifah, F. (2012). Hubungan Karekateristik Anak Usia Sekolah dengan Kejadian Bulliying di Sekolah Dasar X di Bogor. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Subriadi, D. (2013). Upaya Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Banyusoca Gunung Kidul.Skripsi.Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sujarweni, W. (2014) .Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami.Yogyakarta:Pustaka barupress




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v6i1.2731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats