LEKSIKOSTATISTIK PADA BAHASA PATTINJO DAN BAHASA BUGIS DI PINRANG BAGIAN UTARA KABUPATEN PINRANG

MIRNA DEWI, NUR KARMILAWATI ABDIS, MARLIKA MARLIKA, NUR ANALISA

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang dua bahasa di Kabupaten Pinrang yaitu bahasa Bugis dan bahasa Pattinjo. Masyarakat yang berdomisili pada wilayah Pinrang bagian Utara khususnya pada daerah dataran rendah didominasi oleh masyarakat yang berbahasa Bugis, sedangkan pada daerah dataran tinggi atau pegunungan terdapat masyarakat yang berbahasa Pattinjo.  Sehingga, Penelitian ini mengkaji tentang Analisis komparatif berbasis metode leksikostatistik pada bahasa Pattinjo dan bahasa Bugis di Pinrang bagian Utara kabupaten Pinrang. Tingkat kekerabatan kedua bahasa ini dilakukan dengan penelitian kuantitatif dengan menerapkan  metode  leksikostatistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mengetahui relasi bahasa Bugis dengan bahasa Pattinjo dilihat dari segi morfologi dan Fonologi. 2. Bagaimana respon masyarakat Pattinjo mengenai penggunaan bahasa Pattinjo jika dibandingkan bahasa lain di daerah Pinrang. Data penelitian ini adalah dengan dua ratus kosakata dasar Swadesh dengan bahasa Bugis dan bahasa Pattinjo. Daftar Swadesh merupakan Instrumen yang dibagikan kepada informan untuk mengetahui perbedaan bahasa Pattinjo dan bahasa Bugis. Jenis penelitian ini adalah sumber lisan sebagai sumber primer yang dituturkan langsung oleh responden sebagai penutur asli, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode leksikostatistik pada Analisis data. Berdasarkan hasil analisis data antara bahasa Bugis dan bahasa Pattinjo diperoleh hasil perhitungan leksikostatistik melalui daftar Swadesh dengan perbandingan 200 kata antara bahasa Bugis dan bahasa Pattinjo, persentase kekerabatan bahasa Bugis dengan bahasa Pattinjo adalah 45% yang menunjukkan bahwa bahasa Bugis dan bahasa Pattinjo merupakan keluarga bahasa (subfamily).  Dari 200 perbandingan bahasa terdapat 90 kata yang kognat (+) atau berkerabat sedangkan kata yang tidak kognat (-) terdapat 110 kata.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kominfo Pinrang. (2017). Sejarah Singkat Kabupaten Pinrang. Diakses dari http:// pinrangkab.go.id.

Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa : Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta : Rajawali Pers.

Nursalikah. (2017). Terpetakan! Jumlah Bahasa di Seluruh Dunia, Dimana Posisi Indonesia?. Diakses dai http://www. republika.co.id.

Sinaga, Fitriana. (2007). Skripsi Kajian Leksikostatistik antara Bahasa Simalungun dengan Bahasa Karo. USU Repository @2009. Diakses dari http://repository.usu.ac.id.

Utsman, Ali. (2015). Pengertian dan Unsur Suatu Bangsa. Diakses dari http://www.Pengertian pakar.com.

Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Ed. 1, Cet.1—Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.