Ponew Ar: Upaya Peningkatan Pemahaman Materi Hukum Newton Kelas X SMA Berbantuan Assemblr Edu Menuju SDGs 2030

Sartika Sartika, Luki Luki, Arafi Gunawan, Muh Fausan

Abstract


Pendidikan sedang diuji dengan kurangnya siswa yang dapat memahami materi hukum Newton sehingga dalam hal ini diperlukan sebuah inovasi dalam pendidikan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran serta penggunaannya dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Adapun tujuan dalam penulisan ini yaitu untuk mengetahui konsep dan manfaat Ponew AR: Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Materi Hukum Newton Kelas X SMA Berbantuan Assemblr Edu. Media Ponew AR ini dibuat akibat adanya suatu permasalahan di sekolah menengah atas karena terdapat beberapa persen siswa yang kurang memahami materi Hukum Newton. Karya tulis ilmiah ini menggunakan jenis penulisan research and development (R&D) dengan objek yaitu siswa kelas X SMA. Data yang yang digunakan bersumber dari internet searching dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diharapkan melalui media pembelajaran Ponew AR ini yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi Hukum Newton.


Keywords


Assemblr Edu, Augmented Reality, Hukum Newton dan SDGs 2030

Full Text:

PDF

References


Asraf, A., Kurniawan, B., & Aksara, B. (2021). Fisika Dasar untuk Sains dan Teknik Jilid 1: Mekanika. Bumi Aksara.

Chairudin, M., Nurhanifa, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, A., & Hadi, M. S. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1312–1318.

Ekawati, W., Ishak, H., & Arsyad, M. (2021). Fisika Dasar. GUEPEDIA.

Farikhah, M., & Isnawati, S. (2022). Sosiologi: Kelas X. Penerbit Pustaka Rumah C1nta.

Hajratun, S., Susilawati, S., & Ayub, S. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 480–485.

Hamidin, D., Pranawurkir, I., Mulyana, A., Susilawati, E., Ikhram, F., Novalia, N., Ruminda, M., Darwis, A. M., Kurniawan, R., & Pandriadi. (2022). Strategi Pemasaran di Era Digital. Haura Utama.

Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2).

Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. UNP PRESS.

Indriyani Rachman, P. D., & Dr. Hj. Rita Retnowati, M. S. (2023). Implementasi SDGs Pada Pembelajaran Pendidikan Lingkungan. uwais inspirasi indonesia.

Ismail, A., & Amalia, I. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Umum. Jurnal Petik, 7(2), 87–92.

Lambaga, A. I. (2019). Tinjauan Umum Konsep Fisika Dasar.

Nadhifatun, N., Yushardi, Y., & Supriadi, B. (2018). Analisis Korelasi Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah dengan Kemamouan Berpikir Kritis. FKIP E-PROCEEDING, 3(1), 1–5.

Nasution, D. N., Darmayunata, Y., & Whyuni, S. (2022). Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital. Penerbit Adab.

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80.

Rinasti, A. N. (2020). Geosphere. Geosphere.

Sandra, E., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Analisis pemahaman konsep siswa pada materi hukum newton di sma negeri 3 bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10).

Simarmata, J., Romindo, R., Suryani, S., Harlina, S., Prasetio, A., H, M. R., Saputra, H., A, A., Rakhman, A. Z., & Akbar, R. M. (2022). Pembelajaran Berbasis Multimedia. Yayasan Kita Menulis.

Sitopu, J. W., Subakti, H., Sinarmata, J., Nirbata, B. N., Ramadhana, R. S. A., Haeruman, L. D., Sanjaya, L. A., Silaban, P. J., Umar, S. A. H., Yuniwati, I., Chamidah, D., & Yulita, W. (2022). Aplikasi Pembelajaran Digital.

Subakti, H., Chamidah, D., Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Recard, M., Nurtanto, M., Kuswandi, S., Ramadhani, R., Sitopu, J. W., & Simarmata, J. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Syamsuri, Jefrianto, W., Sudirman, Sukmawati, R., Herlina, B. P. R., Rezeki, U. S., Kondolayuk, M. L., Kurniawati, N., Safitri, P. T., Cornelia, T. S., Sari, N. D., Fitrian, A., Bahriah, E. S., Silalahi, E. K., & Ramady, G. D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Media Sains Indonesia.

Trisnowati, E., Retnaningsih, N., Sari, D. P., Indriana, I. F., Dwi, A., & Harjanto, T. (2019). Bongkar Pola Soal UNBK SMA/MA IPA 2020. Media Pressindo.

Yamtinah, D. S., Susanti, D. E., Ariani, D. S. R. D., Saputro, P. S., Shidiq, D. A. S., Dwi Retno Sari, D. R., & Andriyanto. (2023). Buku Media Augmented Reality Berbasis Multiple Berpresentasi Tetrahedral Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Sistem Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Penerbit Lakeisha.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v12i1.17621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats