Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar-Mengajar
Abstract
Inovasi dalam media pembelajaran menjadi salah satu aspek penting untuk meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar, khususnya di era digital. Canva, sebagai platform desain grafis berbasis web, telah mendapatkan perhatian luas karena kemudahannya dalam menciptakan materi pembelajaran yang menarik secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran, termasuk kelebihan, tantangan, dan dampaknya terhadap motivasi serta pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed methods), yang mencakup survei terhadap guru dan siswa, observasi kelas, serta analisis dokumen hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Canva efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui penyajian materi yang interaktif dan estetis. Guru juga mengapresiasi fleksibilitas Canva dalam mendesain berbagai jenis media, seperti presentasi, infografik, dan modul pembelajaran. Namun, beberapa tantangan ditemukan, seperti keterbatasan akses pada fitur premium dan perlunya pelatihan khusus bagi pengguna yang kurang familiar dengan teknologi. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa Canva adalah media pembelajaran yang potensial untuk mendukung proses pendidikan, terutama dalam meningkatkan daya tarik dan interaktivitas materi ajar. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan penggunaan Canva bagi pendidik serta pengembangan lebih lanjut terhadap fitur edukasi pada platform ini untuk mendukung kebutuhan pembelajaran yang beragam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Darwis, D., Atmono, D., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Hasanah, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA Ibitidaussalam. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 85–91. https://doi.org/10.26740/jupe.v12n1.p85-91
Deliana, A., Romalinca, R., Omerlin, O., Krisbet, K., & Meldawati, M. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Luring. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(2), 298–303. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i2.1258
Fauzani Nento, & Roswan Manto. (2017). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2–10. https://doi.org/10.1007/BF02905780
Khasanah, D. M., Masduki, M., & Haryanto, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Khazanah Pendidikan, 18(1), 114. https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21323
Mansur, H. (2025). Pengembangan Media Interaktif Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Siswa SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. 24, 1–11.
Permatasari, I., Sartika, D., Heriansyah, R., & Saluza, I. (2024). Pemanfaatan Canva untuk Guru Sekolah Dasar sebagai Media Penyusunan Materi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 598–605. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4347
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Yuliani H, K., & Winata, H. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 259. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14606
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v12i1.17099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats