Effectiveness of Fun Learning Methods in Improving Students' Learning Motivation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Metode Fun Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs DDI Amparita. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain One-Group Pre-Test Post-Test. Penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas VIII B sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, pre-test, dan post-test untuk mengukur perubahan motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan Metode Fun Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Fun Learning efektif menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan setelah diterapkannya metode ini, terutama pada aspek kreativitas, inisiatif, kepercayaan diri, dan kemampuan siswa dalam memahami materi. Metode ini juga memperlihatkan peningkatan interaksi antara siswa dan guru, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Fun Learning menciptakan lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara optimal, baik secara akademik maupun sosial. Dengan suasana yang rileks tetapi terarah, siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, menjadikan metode ini relevan untuk diterapkan secara luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilia, N. (2021). Implementasi Metode Fun Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI di Tsanawiyah Al-Hikmah Bandar Lampung [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13666
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Firdaus, S. E. (2022). Peran motivasi sebagai pemoderasi pada korelasi kinerja karyawan. Penerbit Adab.
Harefa, D. (2023). Teori Belajar&Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian. Syiah Kuala University Press.
Julia, J., Isrok'atun, I., & Safari, I. (Eds.). (2018). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional”. UPI Sumedang Press.
Khairani, L., Ardhian, F., Rambe, D. N. S., & Romadhon, F. A. (2022). Motivasi Belajar Siswa Man Binjai Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 2(3), 146-149. https://doi.org/10.58432/algebra.v2i3.570
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150-165. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1250
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97. https://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Putra, M. A. D., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Negeri 1 Karawang Timur. Islamika, 4(3), 476-490. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1966
Renna, H. R. P. (2022). Konsep pendidikan menurut John Locke dan relevansinya bagi pendidikan sekolah dasar di wilayah pedalaman papua. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 7-16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698
Rifa’i, M., Ananda, R., & Syahputra, M. R. (2023). Administrasi Pendidikan dalam Perspektif Islam dan Sains. umsu press.
Siregar, N. A., Harahap, N. R., & Harahap, H. S. (2023). Hubungan antara pretest dan postest dengan hasil belajar siswa kelas VII B di MTs Alwashliyah Pantai Cermin. Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8307
Sitorus, R. M. T. (2020). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Scopindo Media Pustaka.
Veronica, A., Abas, M., Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Aulia, S. S. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Wahab, G., & Rosnawati, R. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga, Bandung.
Zakariyya, A., Purnomo, D. A. E., Nashiruddin, C., Nafi’ah, I. W., Nurjanah, I., Saputri, H. E & Maharani, C. A. Upaya Penerapan Fun Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Al-Qur’an di Tpa Al-Khasanah Dukuh Wonosegoro Desa Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali.
Zubairi, M. P. I., & Adab, P. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pendidikan Agama Islam. Penerbit Adab.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v12i1.17048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats