AZDHIKIYA HIJAIYAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN MINAT BACA HURUF HIJAIYAH PADA ANAK TK/TPA

Sitti Saenab, Uswatun Hasanah, Ita Purnamasari Rahman

Abstract


Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik melalui bimbingan, pengajaran dan latihan untuk membantu peserta didik mengalami proses diri ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, diharapkan pendidik dapat melakukan bimbingan serta pengajaran pada peserta didik hingga pada akhirnya peserta didik menjadi pribadi yang dewasa. Akan tetapi banyak dari tenaga pendidik yang hanya menerapkan teori tanpa mempraktekkan kepada peserta didik sebuah pembelajaran yang dapat meningkatkan minat anak dalam belajar. Ada Beberapa Permasalahan yang sering ditemukan di sekolah adalah minimnya media pembelajaran pendidikan untuk membantu pendidik mengajarkan materi pembelajaran kepada peserta didik. Pendidik sebagai motivator dalam kegiatan proses belajar mengajar dituntut untuk lebih kreatif mengembangkan alat peraga pendidikan agar mampu memberikan pengajaran-pengajaran yang menyenangkan kepada anak dan tidak membosankan, karena anak lebih menyukai pembelajaran yang bersifat Edukatif yakni media permainan tetapi permainan disini tetap memiliki unsur edukasi. Melihat kondisi TK Mangasa Plus dan TPA Nurul Muhammad, kegiatan pembelajaran membaca huruf hijaiyah, minat belajar anak pada kegiatan tersebut terlihat masih rendah teknik pengajaran yang digunakan adalah buku iqro dan menulis dipapan tulis dengan menggunakan fasilitas apa adanya, minimnya keterampilan guru dalam mengembangkan metode pengajarannya sehingga tidak dapat menciptakan belajar yang baik, efektif dan efesien. Adapun penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi anak untuk meningkatkan kemampuan minat baca huruf hijiayah pada anak TK/TPA dalam mempelajari huruf-huruf hijaiyah dan harakat huruf melalui sebuah media pembelajran edukatif yang bernama Azdhikiya Hijaiyah. Penulisan ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memberikan gambaran dan memaparkan Azdhikiay Hijiayh dengan teknik pengumpulan data melalui 2 cara yaitu: 1) kajian pustaka dan 2) internet research. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) konsep media pembelajaran Azdhikiya Hijaiyah pada anak TK/TPA dapat dijadikan sebagai sumber belajar agar pembelajaran menarik, menyenangkan, sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan dalam proses kegiatan belajar huruf hijaiyah, disamping itu media pembelajaran juga dapat mengajarkan anak-anak huruf hijaiyah yang mana pembelajaran Edukatif disini dapat membentuk karakter dari individu anak itu sendiri akan pentingnya pembelajaran agama  dalam tingkat TK/TPA.

Kata kunci : Anak, Edukatif, dan Huruf Hijaiyah

 


Full Text:

PDF

References


Muhajirin. (2016, Agustus 20). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Taman Pengajian Al-Quran Nurul Muhammad dan Miftahul Khair. Diakses dari Jurnal.akba.ac.id..

Moeis, D. (2016, Agustus 20). Perangkat Lunak Penunjang Proses Belajar Membaca, Menulis dan Mengenal Huruf Hijaiyah Al-Quran untuk Anak Pra Sekolah Berbasis Multimedia. Diakses dari www.jurnal.stimikprofesional.ac.id.

Rifai, M. (2014). Fiqih Islam Lengkap. Semarang. PT Karya Toha Putra Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v5i1.1693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats